Reaksi Israel Usai Presiden Ebrahim Raisi Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

NTVNews - 20 Mei 2024, 16:48
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Iran Ebrahim Raisi Presiden Iran Ebrahim Raisi (Tangkapan Layar: YouTube)

Ntvnews.id, IranBelakangan ini hubungan Iran dan Israel memang tengah memanas dan terjadi insiden saling serang. Israel menyerang konsulat Iran di Damaskus hingga menewaskan 16 orang termasuk dua jenderal Iran dan beberapa orang penting lainnya. 

Iran kemudian melancarkan serangan balasan dengan meluncurkan 300 lebih rudal dan drone ke wilayah Israel pada 12 April lalu. Pasca peristiwa saling serang tersebut, Presiden Iran Ebrahim Raisi sempat mengeluarkan peringatan keras kepada Israel. 

Namun, ancaman tersebut belum dibalas oleh Israel, Presiden Ebrahim Raisi dikabarkan telah meninggal dunia usai sebuah helikopter yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Helikopter tersebut membawa dia dan pejabat penting lain di pemerintahan Iran. 

Benjamin Netanyahu <b>(Istimewa)</b> Benjamin Netanyahu (Istimewa)

Helikopter tersebut terjatuh di daerah pegunungan dan hutan yang masih dalam wilayah negara tersebut karena adanya cuaca buruk. Ebrahim Raisi meninggal dunia pada usia 63 tahun. Komentar Israel atas meninggalnya Ebrahim Raisi pun menjadi sorotan. 

Melansir dari CNBC International, Pemerintah Israel sebenarnya tidak memberikan pernyataan khusus mengenai kecelakaan yang menyebabkan Presiden Iran meninggal dunia. Namun, media lokal Israel The Jerusalem Post memberikan pernyataan dari mantan intelijen Israel. 

Mantan kepala IDF Tamir Hayman itu mengatakan bahwa tidak ada dampak yang berarti atas meninggalnya Raisi akibat kecelakaan helikopter tersebut. 

Halaman
x|close