Profil Kolonel Anton "Sioux" Pallaguna, Pilot Sukhoi dan F16 yang Jadi Ajudan Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Okt 2024, 15:37
Adiansyah
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kolonel Anton Pallaguna Kolonel Anton Pallaguna (Instagram @anton_pallaguna)

Ntvnews.id, Jakarta - Kolonel Pnb Dr Anton Pallaguna, SE, MMOAS yang berasal dari TNI AU ditunjuk jadi ajudan Presiden Prabowo Subianto.

Penasaran dengan sosoknya? Mari simak ulasan singkat mengenai profil Kolonel Anton Pallaguna berikut, dilansir dari berbagai sumber.

Profil Kolonel Anton Pallaguna

Kolonel Anton Pallaguna <b>(Dok. Wikipedia)</b> Kolonel Anton Pallaguna (Dok. Wikipedia)

Kolonel Anton Pallaguna adalah alumni Akademi Angkatan Udara angkatan 2000, lahir pada tahun 1979.

Dia berasal dari Korps Penerbang, khususnya di unit Penerbang Tempur. Sebelum menjabat sebagai Asisten Operasi Kosek IKN, Anton menjadi peserta pendidikan reguler LII di Sesko TNI tahun 2024.

Karier Anton dimulai sebagai pilot pesawat tempur F-16 di Skadron Udara 3, kemudian ia berpindah untuk mengoperasikan pesawat Sukhoi 27/30 di Skadron Udara 11.

Dalam perjalanan kariernya, Anton terlibat dalam berbagai misi udara dan operasi gabungan TNI. Ia juga dikenal karena keberhasilannya dalam mencegat pesawat asing yang melanggar batas wilayah Indonesia.

Anton meraih gelar sarjana dari Universitas Naratoma di Surabaya, sebelum melanjutkan studi S2 dalam bidang warfare studies di Air University, Alabama, USA.

Kolonel Anton Pallaguna <b>(Instagram @anton_pallaguna)</b> Kolonel Anton Pallaguna (Instagram @anton_pallaguna)

Ia juga menyelesaikan S3 dalam manajemen strategi di Universitas Hasanuddin dengan predikat cumlaude dan menjadi lulusan terbaik di fakultas Program Doktor dengan IPK 4.00.

Saat ini, Anton sedang menyelesaikan dua program master di Universitas Pertahanan dan Universitas Kristen Indonesia, masing-masing dalam Strategi Perang dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Dia merupakan lulusan terbaik dari Sekolah Komando dan Kesatuan (Sekkau Angkatan ke-88) pada tahun 2012, dan juga menyelesaikan pendidikan di Sekolah Staf dan Komando (USA Air Command and Staff College) pada tahun 2015.

Saat ini, Anton mengikuti pendidikan di Sekolah Staf dan Komando TNI (Dikreg LII Sesko TNI 2024).

x|close