Berubah Drastis! LSI Rilis Elektabilitas Cagub Jakarta: Pramono 41,6%, RIDO 37,4%, dan Dharma-Kun 6,6%

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Okt 2024, 15:35
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Pramono Anung-Rano Karno. Pramono Anung-Rano Karno. (Tangkapan layar Youtube)

Ntvnews.id, JakartaLembaga Survei Indonesia (LSI) baru saja mengumumkan elektabilitas terbaru dari calon gubernur dan wakil gubernur yang berlaga di Pilkada Jakarta. Hasil survei menunjukkan pasangan dengan nomor urut tiga, Pramono Anung dan Rano Karno, memimpin dengan perolehan 41,6%.

Penelitian ini dilakukan setelah debat pertama antara calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, yang dilaksanakan pada 10-17 Oktober 2024. Survei ini melibatkan populasi warga Jakarta yang berusia 17 tahun ke atas.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden yang dipilih dengan metode multistage, dengan margin of error sekitar +- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Penarikan sampel dilakukan berdasarkan asumsi simple random sampling.

Elektabilitas Cagub Jakarta dari LSI <b>(YouTube)</b> Elektabilitas Cagub Jakarta dari LSI (YouTube)

Responden diminta untuk menjawab pertanyaan, 'Jika pemilihan langsung Gubernur Daerah Khusus Jakarta diadakan hari ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan calon berikut ini?'.

1. Ridwan Kamil-Suswono (RIDO): 37,4%
2. Dharma Pongrekun-Kun Wardhana: 6,6%
3. Pramono Anung-Rano Karno: 41,6%
- tidak tahu/tidak jawab: 14,4%.

Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil <b>(Youtube)</b> Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (Youtube)

"Jadi pada Oktober ini, Pram-Rano sudah unggul, meskipun keunggulannya belum signifikan karena selisihnya cuma sekitar 4%, sementara margin of error survei ini 2,9,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan survei dilansir YouTube LSI.

“Jadi sebetulnya, secara statistik kita nggak tahu siapa yang unggul, dari secara statistik RK (Ridwan Kamil) sama Pramono Anung sama-sama kuat, cuma angka absolutnya itu cenderung menunjukkan keungggulan dari Pramono Anung," tambahnya.

x|close