5 Negara dengan Tingkat Korupsi Polisi Paling Tinggi di Dunia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Okt 2024, 05:00
Zaki Islami
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Polisi Korup Ilustrasi Polisi Korup (Wonderslist)

Ntvnews.id, Jakarta - Korupsi polisi adalah masalah global, yang merusak sistem peradilan dan melemahkan kepercayaan antara warga negara dan lembaga penegak hukum.

Berbagai organisasi internasional telah mengembangkan metrik untuk mengevaluasi korupsi, termasuk Indeks Persepsi Korupsi Polisi, yang mengukur opini publik tentang korupsi polisi di berbagai negara.

Berikut beberapa negara dengan korupsi polisi paling tinggi dunia, seperti dilansir Wonderslist:

1. Pakistan

Pakistan memiliki salah satu kepolisian yang paling terkenal korupsi di dunia, dengan pengakuan yang hampir universal di antara warganya mengenai korupsi yang meluas di kalangan polisi.

Menurut Transparency International Pakistan, sektor kepolisian secara konsisten menduduki peringkat teratas sebagai institusi paling korupsi di negara ini.

2. Kenya

Kepolisian Kenya berada di peringkat kedua dalam korupsi polisi global, dengan banyak warga yang sangat prihatin dengan peran penegak hukum dalam melanggengkan kekerasan, pelecehan, dan pemerasan.

Polisi Kenya sering dituduh mengeksploitasi masyarakat melalui skema penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, dan pembunuhan di luar hukum.

3. Honduras

Honduras telah lama bergelut dengan tingkat korupsi polisi yang tinggi, terutama dalam konteks perjuangan melawan kejahatan terorganisir dan kartel narkoba.

Korupsi di tubuh kepolisian telah menyulitkan upaya pemberantasan kejahatan secara efektif, dan batas antara penegak hukum dan organisasi kriminal sering kali menjadi kabur.

4. Paraguay

Kepolisian Paraguay secara luas dianggap sebagai salah satu yang paling korup di Amerika Latin. Korupsi di dalam kepolisian terkait dengan upah yang rendah, kurangnya pelatihan yang layak, dan budaya suap yang sudah mengakar.

5. Venezuela

Venezuela berada dalam cengkeraman krisis politik dan ekonomi yang mendalam, dan kepolisian negara ini tidak kebal terhadap korupsi yang diakibatkannya. Faktanya, kondisi sosial yang memburuk telah menjadikan kepolisian sebagai salah satu institusi paling korup di negara ini.

x|close