Ini Deretan Negara yang Ternyata Tak Suka Palestina

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Okt 2024, 06:15
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi. Bendera Palestina. Ilustrasi. Bendera Palestina.

Ntvnews.id, Jakarta - Dukungan terhadap kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel didukung oleh mayoritas negara di dunia.

Namun, terdapat juga sejumlah negara yang tidak mendukung kemerdekaan Palestina atau tidak mengakui Palestina sebagai negara berdaulat. Negara-negara ini menolak untuk mendukung wilayah yang dijajah oleh rezim Zionis Israel.

Berdasarkan hasil voting terbaru dari Majelis Umum PBB tahun 2024 mengenai keanggotaan penuh Palestina di PBB, 143 negara secara resmi mendukung Palestina sebagai negara berdaulat. Namun, ada 9 negara yang menolak dan 25 negara yang abstain dalam voting tersebut.

Baca Juga: Anak di Gaza Derita Kelaparan Usai Israel Cegat Truk Bantuan Masuk ke Palestina

Jika dilihat dari perspektif ini, terdapat 34 negara yang tidak mendukung kemerdekaan Palestina. Negara-negara yang menolak Palestina adalah Argentina, Republik Ceko, Hongaria, Israel, Federasi Mikronesia, Nauru, Palau, Papua Nugini, dan Amerika Serikat.

Negara-negara yang menolak atau abstain menyatakan bahwa mereka tidak akan mengakui Palestina sampai konflik dengan Israel dapat diselesaikan melalui jalur damai. Amerika Serikat, misalnya, memiliki hubungan erat dengan Israel dan telah menjadi pendukung kuat negara tersebut sejak didirikan pada tahun 1948.

AS juga menyediakan senjata yang digunakan Israel dalam konflik, termasuk menyebabkan tewasnya lebih dari 42.600 warga Palestina di Gaza dan 2.500 warga Lebanon. Dukungan ini telah berlangsung selama puluhan tahun konflik antara Palestina dan Israel, dengan Washington secara konsisten memberikan bantuan militer dan ekonomi yang besar kepada Israel.

Baca Juga: Israel Tutup Masjid di Palestina, Ini Alasan

Daftar negara yang tidak mendukung Palestina tersebar di lima benua, yaitu:

  1. Benua Afrika: Malawi.
  2. Benua Amerika: Amerika Serikat, Argentina, Kanada, Paraguay.
  3. Benua Asia: Israel, Federasi Mikronesia, Papua Nugini, Kepulauan Marshall.
  4. Benua Eropa: Albania, Austria, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Finlandia, Georgia, Hongaria, Jerman, Italia, Latvia, Lithuania, Moldova, Belanda, Makedonia Utara, Romania, Swedia, Swiss, Ukraina, Inggris.
  5. Benua Oseania: Fiji, Nauru, Palau, Vanuatu, Tonga.

 

x|close