Menlu RI Sugiono dan Thailand Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Forum Internasional

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Okt 2024, 12:41
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menteri Luar Negeri RI Sugiono (kiri) dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand Maris Sangiampongsa, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi BRICS Plus di Kazan, Rusia, pada 23-24 Oktober 2024. Menteri Luar Negeri RI Sugiono (kiri) dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Thailand Maris Sangiampongsa, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi BRICS Plus di Kazan, Rusia, pada 23-24 Oktober 2024. (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Sugiono, dan Menteri Luar Negeri Thailand, Maris Sangiampongsa, sepakat untuk memperkuat kerja sama kedua negara di tingkat regional dan global melalui berbagai forum dan organisasi internasional.

Baca Juga: Menhan Sjafrie Terima Kunjungan Dubes China, Bahas Penguatan Kerja Sama Bilateral

Kesepakatan ini tercapai dalam pertemuan bilateral yang diadakan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS Plus di Kazan, Rusia, pada 23-24 Oktober.

Sugiono <b>(Istimewa)</b> Sugiono (Istimewa)

Menurut pernyataan pers dari Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Kamis (24/10), kedua Menlu membahas peningkatan kerja sama regional dan global melalui platform seperti ASEAN, PBB, BRICS, dan forum internasional lainnya.

Baca Juga: Profil Mangapul, Hakim PN Surabaya yang Jadi Tersangka Suap Kasus Bebas Ronald Tannur

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Sugiono menyoroti pentingnya hubungan strategis antara Indonesia dan Thailand. Ia mendorong peningkatan kerja sama bilateral melalui mekanisme yang telah berjalan selama ini.

Salah satu isu utama yang dibahas dalam pertemuan ini adalah situasi di Myanmar. Kedua Menlu sepakat akan pentingnya penyelesaian cepat terhadap krisis di negara tersebut.

Menlu Sugiono menekankan pentingnya pendekatan kolaboratif dan inklusif dengan melibatkan semua pihak yang terlibat di Myanmar untuk mencari solusi damai.

Selain itu, Sugiono juga menekankan pentingnya menjaga solidaritas dan sentralitas ASEAN di tengah dinamika geopolitik global. Menlu Thailand, Maris Sangiampongsa, menyampaikan harapannya agar Indonesia terus memainkan peran aktif, khususnya sebagai bagian dari Troika Plus di ASEAN.

x|close