Ini Daftar Negara yang Penduduknya Paling Berpendidikan di Dunia, Ada Indonesia?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Okt 2024, 05:55
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kuliah Loan Kuliah Loan (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Survei global yang dilakukan oleh US News melaporkan sejumlah negara dengan populasi berpendidikan tinggi terbanyak, di mana hasilnya didominasi oleh negara-negara maju di Asia dan Eropa. Siapa yang menduduki peringkat teratas?

Survei ini mengumpulkan data dari berbagai negara untuk melihat jumlah penduduk yang menyelesaikan pendidikan tinggi. Sebelumnya, data serupa juga dikumpulkan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

OECD menilai penduduk berusia 25 hingga 34 tahun yang telah menamatkan pendidikan tinggi di setiap negara.

Jepang Ungguli Negara-negara Eropa

Dalam survei US News, Jepang menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan populasi lulusan pendidikan tinggi terbanyak. Sejak lama, Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang paling maju dan memiliki tingkat literasi tinggi di Asia.

Baca Juga: Prabowo: Akses Pendidikan dan Kesehatan Memadai Adalah Demokrasi Sebenarnya

Meski pernah luluh lantak akibat bom atom pada tahun 1945, Jepang menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama dan berhasil bangkit. Bahkan, setelah gempa bumi dahsyat tahun 2011 yang mengganggu sektor manufaktur, Jepang berhasil pulih.

Negara ini memiliki fokus serius pada pendidikan, teknologi, dan inovasi. Jepang telah dikenal di dunia sebagai salah satu produsen terkemuka di sektor otomotif, elektronik, dan baja.

Setelah Jepang, Swedia berada di posisi kedua dalam daftar negara dengan populasi paling berpendidikan. Swedia, salah satu negara terbesar di Uni Eropa, dikenal dengan komitmen terhadap hak asasi manusia, pelayanan publik, dan keberlanjutan, yang menjadikan pemimpin mereka dihormati secara internasional.

Baca Juga: Strategi Abdul Mu'ti untuk Perbaiki Pendidikan di Tanah Air

Swedia unggul dalam layanan kesehatan, pendidikan perguruan tinggi gratis, serta memiliki harapan hidup tertinggi di dunia.

Peringkat berikutnya diisi oleh Swiss, Jerman, dan beberapa negara Eropa lainnya. Berikut daftar lengkap negara dengan populasi berpendidikan terbanyak berdasarkan US News:

10 Negara dengan Penduduk Paling Berpendidikan di Dunia:

  1. Jepang
  2. Swedia
  3. Swiss
  4. Jerman
  5. Denmark
  6. Kanada
  7. Norwegia
  8. Belanda
  9. Finlandia
  10. Australia

 

x|close