Ini Tanda-tanda Kiamat Menurut 6 Agama di Dunia, Nomor 2 Paling Serem!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Okt 2024, 07:00
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Kiamat Ilustrasi Kiamat (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Kiamat, atau akhir zaman, adalah konsep yang dikenal dalam berbagai agama dan budaya di seluruh dunia. Setiap agama memiliki pandangan dan tanda-tanda tersendiri tentang bagaimana dunia ini akan berakhir.

Nah, berikut ulasan selengkapnya dihimpun dari berbagai sumber.

1. Islam

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo <b>(Kemenag)</b> Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (Kemenag)

Dalam Islam, tanda-tanda kiamat dibagi menjadi tanda-tanda kecil dan besar. Tanda-tanda kecil meliputi munculnya banyak fitnah, kerusakan moral, dan munculnya Dajjal, sosok penipu besar yang akan menyesatkan banyak orang.

Sementara itu, tanda-tanda besar termasuk munculnya Imam Mahdi, turunnya Nabi Isa, dan terbitnya matahari dari barat. Ada pula kehadiran bangsa Yajuj dan Majuj yang akan membuat kekacauan di dunia secara perlahan.

2. Kristen

Ilustrasi Gereja <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Gereja (Pixabay)

Kristen memiliki pandangan tersendiri tentang kiamat yang dikenal sebagai “Hari Penghakiman”. Tanda-tandanya meliputi kembalinya Yesus Kristus, kebangkitan orang mati, dan penghakiman terakhir. Peristiwa ini digambarkan secara dramatis dalam Kitab Wahyu, dengan visualisasi tentang peperangan besar antara kebaikan dan kejahatan.

“Pada waktu itu suatu tanda yang menunjukkan kedatangan Aku akan muncul di langit. Lalu orang-orang yang tidak percaya kepada-Ku dari semua suku bangsa di bumi akan meratap dengan sangat ketakutan sewaktu melihat Aku datang di antara awan-awan di langit dengan kuasa dan kemuliaan besar,” (Matius 24:30).

3. Hindu

Desa Penglipuran Bali <b>(Google Maps)</b> Desa Penglipuran Bali (Google Maps)

Dalam agama Hindu, akhir zaman disebut sebagai Kaliyuga, masa kerusakan dan degradasi moral. Tanda-tandanya termasuk meningkatnya ketidakadilan, kekerasan, dan kehilangan nilai-nilai dharma.

Akhir dari Kaliyuga akan ditandai dengan kedatangan Kalki, inkarnasi terakhir dari Dewa Wisnu, yang akan menghancurkan kejahatan dan memulai zaman baru. “Pada akhir Kaliyuga, Kalki akan muncul sebagai penyelamat, memulihkan kebenaran dan kebajikan,” tulis Bhagavata Purana.

4. Buddha

Vihara Agama Buddha <b>(Pixabay)</b> Vihara Agama Buddha (Pixabay)

Buddhisme tidak memiliki konsep kiamat yang sama dengan agama-agama lainnya, tetapi berbicara tentang siklus samsara, kelahiran kembali, dan kehancuran. Tanda-tanda akhir zaman dalam Buddhisme meliputi menurunnya moralitas, semakin jarangnya pengajaran Dharma, dan munculnya krisis alam.

Ada pula kemerosotan lain dalam pandangan agama Buddha yaitu kondisi manusia mulai dari kesehatan fisik dan mental. Ada pula kemerosotan jangka kehidupan manusia, seperti banyak orang yang meninggal di usia muda.

5. Yahudi

Drone Mujahidin Islam Iraq Serang Eilat Israel <b>(MENAHEM KAHANA/AFP via Getty Images)</b> Drone Mujahidin Islam Iraq Serang Eilat Israel (MENAHEM KAHANA/AFP via Getty Images)

Dalam Yudaisme, kiamat dikenal sebagai “Hari Tuhan” atau “Hari YHWH”. Tanda-tandanya termasuk kedatangan Mesias, kebangkitan orang mati, pembuatan bait suci, dan penghakiman akhir atas semua umat manusia.

Tanda kiamat berikutnya adalah Olam ha-Ba. Dalam konsep agama ini, dunia lama akan mengalami kehancuran yang diakibatkan oleh berbagai sebab. Setelah itu, dunia baru akan hadir dan membangkitkan semua manusia yang sudah meninggal.

6. Zoroastrianisme

Agama Zoroaster atau Zoroastrianisme <b>(Zoroastrianisme)</b> Agama Zoroaster atau Zoroastrianisme (Zoroastrianisme)

Dalam Zoroastrianisme, akhir zaman disebut sebagai Frashokereti, masa penyucian dan pembaruan. Tanda-tandanya termasuk kebangkitan orang mati, pertempuran akhir antara kekuatan baik dan jahat, serta pemurnian dunia dengan api suci.

“Ketika Frashokereti terjadi, semua jiwa akan diadili, dan kejahatan akan dihancurkan selamanya,” jelas dalam Avestha, kitab suci Zoroastrianisme.

x|close