Mahasiswa Diminta Terus Asah Kemampuan Meski Telah Lulus dari Perguruan Tinggi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Okt 2024, 07:19
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ribuan Aksi Mahasiswa Tolak RUU Pilkasa di Depan Gedung DPR RI Ribuan Aksi Mahasiswa Tolak RUU Pilkasa di Depan Gedung DPR RI (NTV News/ Deddy Setiawan)

Ntvnews.id, Jakarta - Universitas 17 Agustus 1945 (UTA '45) Jakarta menggelar wisuda mahasiswanya pada program sarjana, magister dan doktor di Klub Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (24/10/2024). Total 233 wisudawan maupun wisudawati mengikuti acara ini. Mereka berasal dari Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial 88 orang, Fakultas Hukum 34 orang yang terdiri dari S1 15 orang, S2 11 orang dan S3 8 orang. Kemudian Fakultas Teknik dan Informatika 22 orang, Fakultas Farmasi 79 orang, yang terdiri dari lulusan S1 78 orang dan S2 1 orang.

Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945, Rudyono Darsono momen wisuda ialah awal dari perjuangan para wisudawan maupun wisudawati. Sebab selanjutnya mereka harus bersaing di dunia kerja, berbekal ilmu yang dikuasai di tengah digitalisasi dunia industri.

"Wisudawan dan wisudawati ini adalah mahasiswa yang masuk pada penerimaan pertama zaman Covid-19 yang kami yakini bahwa mereka memiliki kemampuan yang mumpuni di dalam dunia teknologi dan informatika karena mereka dipaksa oleh keadaan untuk bisa belajar dan melakukan praktik menggunakan software dan aplikasi digital," ujar Rudyono.

"Pesan saya, bahwa perjuangan kalian baru dimulai. Penguasaan soft skill, tentang attitude dan integritas yang tadi disebutkan oleh Pak Rektor, Ketua Yayasan dan Kepala LLDikti akan menjadi yang utama," imbuhnya.

Apalagi, kata dia persaingan di dunia kerja maupun usaha saat ini kian ketat. Bukan cuma persaingan sesama anak bangsa semata.

"Karena persaingan kalian hari ini tidak hanya persaingan domestik, tapi sudah masuk ke dalam persaingan-persaingan global," kata dia.

Agar dapat bersaing maupun membangun bangsa, para wisudawan maupun wisudawati diharapkan terus meningkatkan kapasitas diri. Kuncinya, mereka harus memiliki integritas, etika, kompetensi.

"Dan kemampuan teknologi yang harus kalian kuasai, di samping penguasaan bahasa asing. Supaya kalian tidak tertinggal akan persaingan global yang lebih keras lagi ke depan," tutur Rudyono.

Ia yakin alumni UTA '45 Jakarta bisa bersaing di dunia kerja maupun usaha. Apalagi pengalaman sulit semasa pandemi Covid-19 telah berhasil mereka lalui. Hal ini juga didukung oleh pengembangan digitalisasi yang pesat, UTA '45 Jakarta terus berusaha untuk mengimbangi perkembangan yang ada pada dunia industri agar lulusannya siap terjun ke dunia kerja.

Rudyono pun meminta mereka melakukan yang terbaik saat ini, bukan hanya sekedar merencanakan masa depan.

"Membuat rencana hari esok, adalah sebuah kegiatan yang sangat baik, merupakan sebuah pemikiran yang sangat baik. Tetapi berbuat yang terbaik pada hari ini, adalah keputusan untuk mendapatkan hari esok yang lebih baik," jelas dia.

Sementara, Rektor UTA '45 Jakarta, Rajes Khana meminta wisudawan dan wisudawati untuk berbuat baik serta mengabdikan diri kepada bangsa, usai lulus dari perguruan tinggi.

"Di mana pun kamu berada nantinya. Apa pun tugas kamu sebagai seorang profesional, ingat ini adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kamu injak, yang kamu pegang, berilah perhatian dan kontribusi untuk bangsa Indonesia untuk ibu pertiwi. Jangan pernah menghalalkan segala cara, menghalalkan kewenangan dengan mengutak-atik peraturan," ujar Rajes.

Ia meminta jebolan UTA '45 Jakarta menggunakan keahlian mereka dengan baik. Mereka diharapkan mengedepankan integritas dalam bekerja.

"Saya tak mau melihat alumni UTA 45 Jakarta bermasalah saat memegang salah satu kewenangan, untuk membantu Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya.

Rajes pun berharap para alumni nantinya bermanfaat untuk lingkungan sekitar. "Keadilan sosial itu penting. Lihat sekelilingmu, jangan kamu bahagia sendiri. Sekeliling juga berhak menikmati kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpahnya," jelas dia.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta Toni Toharudin mengatakan, keberhasilan yang para wisudawan dan wisudawati raih hari ini adalah hasil kerja keras, tekad dan juga ketekunan yang luar biasa. Ia pun mengapresiasi turut diwisudanya Staf Khusus Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Dr. M Muklas Rowi serta Dr. Ikhsan Tanjung.

"Ini adalah bukti nyata bahwa proses belajar dan peningkatan diri tidak mengenal batas usia dan jabatan," ujarnya.

Wisuda UTA '45 Jakarta. Wisuda UTA '45 Jakarta.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi 17 Agustus 1945 Jakarta, Bambang Sulistomo menambahkan, ia berharap para wisudawan serta wisudawati mendapat hal baik dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Para orangtua mereka diharapkan menerima kebanggaan usai anak-anaknya diwisuda.

"Semoga para wisudawan mendapat hidayah dan anugerah dari Allah SWT. Semoga para orangtua bangga bahwa anak-anaknya telah lulus dengan penuh pengorbanan, tapi hasilnya akan baik bagi bangsa ini," tandas Bambang. 

x|close