KSAD Jenderal Maruli, Satu-satunya Perwira Tinggi yang Digendong Presiden Prabowo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 01:30
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Prabowo Subianto saat makan malam bersama taruna Akmil Presiden Prabowo Subianto saat makan malam bersama taruna Akmil (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengenang momen ketika ia pernah menggendong Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Hal ini disampaikan Prabowo saat acara makan malam di Akademi Militer (Akmil), Magelang, pada Jumat, 25 Oktober 2024, yang turut dihadiri oleh sejumlah menteri dari Kabinet Merah Putih.

Sebelum mengenang momen tersebut, Prabowo terlebih dahulu memperkenalkan enam perwira TNI-Polri penerima penghargaan Adhi Makayasa yang kini menjadi bagian dari Kabinet Merah Putih.

Prabowo meminta dua lulusan terbaik dari Akademi Kepolisian (Akpol), yaitu Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian dan Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, untuk berdiri.

Kemudian, ia juga meminta empat lulusan terbaik dari Akademi TNI untuk berdiri, yaitu Letjen TNI (Purn) Muhammad Herindra, Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto, Letkol (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak <b>(Tangkapan Layar: Sekretariat Presiden)</b> KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak (Tangkapan Layar: Sekretariat Presiden)

Selanjutnya, Prabowo memperkenalkan beberapa jenderal bintang empat yang menjadi bagian dari timnya, di antaranya adalah Jenderal TNI (Purn) Wiranto sebagai Penasihat Khusus Presiden dan Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman sebagai Penasihat Keamanan Presiden.

Pada akhir acara, Prabowo meminta Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, untuk berdiri, dan memberikan apresiasi atas prestasi Maruli sebagai juara Judo Asia Tenggara.

Prabowo juga mengenang saat dirinya menggendong Maruli Simanjuntak. Momen tersebut terjadi ketika Prabowo masih menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus.

Buka Retreat, Prabowo Ajak Para Anggota Kabinet Olahraga dan Latihan Baris Berbaris <b>(Istimewa)</b> Buka Retreat, Prabowo Ajak Para Anggota Kabinet Olahraga dan Latihan Baris Berbaris (Istimewa)

“Mana Maruli? Beliau bintang 4 dan juara Judo Asia Tenggara. Satu-satunya perwira yang digendong oleh Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto,” ucap Prabowo.

Dalam kunjungannya ke Kostrad beberapa waktu lalu, Prabowo menyebutkan bahwa Maruli adalah seorang atlet judo berprestasi. Ia pernah berjanji akan menggendong Maruli jika berhasil menjadi juara dalam kompetisi internasional. Pada tahun 1995, dalam kejuaraan judo Asia Tenggara, Maruli meraih gelar juara.

"Beliau (Maruli) juara judo Asia Tenggara. Saya katakan karena beliau hadapi negara-negara yang kuat-kuat saya bilang 'kalau kamu juara saya gendong kamu.' Eh dia juara," kata Prabowo.

Setelah pertandingan, Prabowo memenuhi janjinya dengan menggendong Maruli, yang saat itu adalah prajuritnya di Kopassus, sementara Prabowo sendiri masih berpangkat Kolonel.

x|close