Penelis Tulis Pertanyaan Tema Debat Pilkada Jakarta dari Nelayan dan Pelaku UMKM

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 07:29
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Debat Pilkada Jakarta 2024. Debat Pilkada Jakarta 2024.

Ntvnews.id, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta melibatkan tujuh kelompok masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada panelis selama debat kedua Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Kemarin kami mengundang tujuh. Tujuh itu termasuk (kelompok) nelayan, UMKM," kata Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Astri Megatari di Jakarta, Sabtu, 276 Oktober 2024.

Selanjutnya, masyarakat akan menyampaikan curahan hati (curhat) dan keresahan-keresahan yang diharapkan dapat diselesaikan di masa depan.

Baca Juga: Tema Debat Kedua Pilgub Jakarta 2024: Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial

Dia menjelaskan bahwa panelis yang ditunjuk dalam debat kedua akan menggali lebih dalam aspirasi tersebut serta isu-isu yang berkaitan dengan tema debat, yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Aspirasi yang diperoleh kemudian akan dirumuskan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan untuk para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mengikuti debat Pilkada DKI 2024.

Contohnya, nelayan. "Nelayan itu kan memang profesi yang tidak banyak di DKI Jakarta namun mereka juga masih warga DKI Jakarta yang butuh perhatian. Itu tadi yang kami kemudian angkat isunya dan masih banyak lagi," kata dia.

Dalam debat kedua, seperti pada debat sebelumnya, pertanyaan-pertanyaan dari panelis akan disampaikan kepada para pasangan calon pada segmen dua dan tiga.

Segmen 1 adalah penyampaian visi-misi program masing-masing pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur. Segmen 2 dan 3 akan berisi pendalaman visi-misi oleh moderator, di mana para pasangan calon akan menjawab pertanyaan dari panelis.

Baca Juga: Viral Debat Pilkada Tangerang, Cawagub Ini Malah Janji Tingkatkan Inflasi

Selanjutnya, segmen 4 dan 5 akan berupa tanya jawab antarpaslon, dan segmen 6 akan diakhiri dengan pernyataan penutup masing-masing paslon.

"Itu sesi dua dan tiga. Jadi dari pertanyaan yang diajukan itu ada pertanyaan-pertanyaan yang merupakan memang disusun dari aspirasi masyarakat," ujar Astri.

KPU DKI Jakarta telah menetapkan bahwa debat kedua Pilkada DKI 2024 akan berlangsung pada 27 Oktober 2024 di Ancol, Jakarta Utara, mulai pukul 19.00 WIB.

Tema dalam debat tersebut adalah "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial." Tema ini terbagi menjadi enam subtema, yaitu infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan, penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, pariwisata dan ekonomi kreatif, serta inflasi bahan pokok.

Debat Pilkada DKI 2024 akan diikuti oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), pasangan calon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan pasangan calon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

x|close