Media Asing Ramai Soroti Retret Kabinet Prabowo, Apa Kata Mereka?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 12:17
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Jajaran Kabinet Merah Putih pada hari pertama pelaksanaan pembekalan dalam retreat 24-27 Oktober 2024 di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). Jajaran Kabinet Merah Putih pada hari pertama pelaksanaan pembekalan dalam retreat 24-27 Oktober 2024 di Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Beberapa media internasional turut menyoroti retreat atau pembekalan para Menteri di Kabinet Merah Putih (KMP).

Reuters melaporkan bahwa para menteri di pemerintahan Prabowo Subianto mengikuti acara retreat dengan mengenakan seragam TNI.

Dalam artikel berjudul "With green camo and combat boots, Indonesia's new cabinet kicks off army retreat," Reuters juga menyoroti pidato Prabowo kepada para menterinya.

Baca Juga: Hari ketiga Retret di Magelang, Kabinet Merah Putih Naik Gunung Tidar

"Kita harus bekerja dalam ritme yang sama untuk tujuan yang sama. Pemerintah tidak bekerja sendiri tetapi sebagai sebuah tim," ujar Prabowo seperti ditulis Reuters pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Sementara itu, Times of India juga melaporkan pembekalan yang dipimpin Prabowo, di mana ia berjanji akan mendukung pertahanan Indonesia serta memberantas korupsi.

Dalam artikelnya, media India tersebut turut membahas masa lalu Prabowo yang pernah dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) pada era pemerintahan Soeharto di akhir 1990-an.

Selain itu, ABC menyebutkan bahwa Prabowo bukanlah satu-satunya presiden Indonesia yang berasal dari latar belakang militer.

Baca Juga: Bahlil Curhat Cuma Tidur 2 Jam Selama Retreat Kabinet di Magelang

Namun, kegiatan retreat ini merupakan yang pertama dilakukan di era pemerintahan Prabowo.

"Subianto bukanlah Presiden pertama Indonesia yang berlatar belakang militer. Soeharto dan Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono, juga merupakan purnawirawan jenderal Angkatan Darat yang memimpin negara. Namun, retret yang tidak lazim ini merupakan yang pertama kali dilakukan pada masa jabatan pertama Subianto," tulis ABC dalam artikel berjudul "Indonesia’s new President and ministers begin a military-style retreat which includes morning drills," yang dirilis pada Jumat, 25 Oktober 2024.

x|close