Presiden Prabowo dan Menteri Tinggalkan Akmil Setelah Lewati Rangkaian Retret

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 13:14
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka, meninggalkan Akademi Militer di Kota Magelang, Jawa Tengah, setelah mengikuti Retret Wakil Presiden RI, Gibran Rakabuming Raka, meninggalkan Akademi Militer di Kota Magelang, Jawa Tengah, setelah mengikuti Retret (Antara)

Ntvnews.id, Magelang - Taruna dan Taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, mengadakan prosesi Jajar Kehormatan untuk melepas kepergian Presiden Prabowo Subianto, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta anggota Kabinet Merah Putih pada hari Minggu.

Prosesi ini dipimpin oleh Gubernur Akmil, Mayjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, dan berlangsung di dekat gerbang keluar Akmil Magelang menuju Jalan Jenderal Gatot Soebroto, sekitar pukul 10.50 WIB.

Prajurit taruna dan taruni yang mengenakan seragam lengkap berbaris dan mengangkat tangan sebagai tanda penghormatan dalam tradisi militer ini.

Baca Juga: Media Asing Ramai Soroti Retret Kabinet Prabowo, Apa Kata Mereka?

Selain itu, prosesi tersebut diiringi oleh drumband 'Genderang Suling Canka Lokananta' dari Taruna Akmil Magelang, yang menambah khidmatnya suasana pelepasan Kepala Negara dan rombongan.

Dilansir dari Antara, Minggu, 27 Oktober 2024, melaporkan bahwa anggota Jajar Kehormatan berdiri di kedua sisi jalan di dalam area Akmil, memberi penghormatan saat mobil Kepresidenan jenis MV3 Maung Pindad yang membawa Prabowo melintas. Mereka melakukan penghormatan dengan gerakan tangan yang tegas dan serentak, menunjukkan disiplin tinggi prajurit.

Sementara itu, Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka telah meninggalkan Akmil lebih dulu pada pukul 09.28 WIB dengan mobil Toyota Zenix putih, diikuti anggota Kabinet Merah Putih yang meninggalkan lokasi dengan enam bus sekitar pukul 10.17 WIB.

Baca Juga: Hari ketiga Retret di Magelang, Kabinet Merah Putih Naik Gunung Tidar

Prosesi Jajar Kehormatan serupa juga dilakukan saat kedatangan Prabowo di Akmil pada Sabtu, 26 Oktober 2024 pukul 17.56 WIB. Kali ini, kerumunan warga dari pelajar SD, SMP, SMA, serta anak-anak yang ditemani orang tua, berkumpul di sepanjang Jalan Jenderal Gatot Soebroto untuk menyaksikan, dengan pengawalan dari polisi dan tentara.

Prosesi ini sekaligus menjadi penutup rangkaian Retret Kabinet Merah Putih yang berlangsung pada 24-27 Oktober 2024 di lingkungan Akmil Magelang.

 

x|close