Suswono Sebut Sistem Zonasi Sangat Tepat hingga Mau Gratiskan Sekolah Negeri dan Swasta

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 21:33
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Suswono Suswono (YouTube KPU Jakarta)

Ntvnews.id, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 01, Suswono mengatakan bahwa sistem zonasi di sekolah sangat tepat dilakukan.

Hal ini disampaikan olehnya saat debat kedua, digelar pada Minggu, 27 Oktober 2024 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara.

"Saya pastikan sistem zonasi sangat tepat dilakukan, dengan catatan bahwa sekolah negeri maupun swasta nanti kita akan gratiskan," kata dia.

Bukan hanya gratis, Suswono menjelaskan bahwa nantinya guru yang mengajar akan mendapat pelatihan-pelatihan.

RK-Suswono  <b>(Istimewa)</b> RK-Suswono (Istimewa)

"Dan tentu saja tidak hanya gratis dari SD sampai SLTA, tetapi juga para guru-gurunya akan kita latih sehingga ada standar moto yang sama, sehingga tidak ada lagi pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lain karena ia tidak sekokah di zonasinya," terang Suswono.

“Tetapi saya pastikan dengan sekolah gratis untuk semua baik negeri maupun swasta maka saya yakin bahwa mereka akan bisa tetap menjalankan sekolah di tempat yang dekat dengan tempat tinggalnya,” kata dia lagi.

Suswono kemudian memastikan untuk tidak ada lagi ada anak yang putus sekolah di Jakarta. 

Suswono <b>(YouTube KPU Jakarta)</b> Suswono (YouTube KPU Jakarta)

“Jadi kita akan pastikan bahwa tidak ada anak putus sekolah dengan demikian, juga pendidikan keterampilan sesuai dengan permintaan global kita akan wujudkan, bisa kita kirim negara kerja siap pakai ke negara-negara yang membutuhkan,” katanya.

“Juga kita akan pastikan bahwa daya tampung merata di seluruh kelurahan jadi tidak ada lagi ada sekolah-sekolah swasta yang pernah saya jumpai dia setelah zonasi itu hanya terima murid lima orang, tentu ini tidak adil,” kata dia lagi.

“Oleh karena itu, perluasan KJP Plus ini kita akan terus lakukan dan juga peningkatan kapasitas guru agar sekolah nageri maupun swasta sama,” pungkas Suswono.

x|close