Ridwan Kamil Tanyakan Indeks Pembangunan Manusia di Banten Tak Naik saat Dipimpin Rano Karno

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 22:41
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ridwan Kamil-Pramono Anung Ridwan Kamil-Pramono Anung (YouTube KPU Jakarta)

Ntvnews.id, Jakarta - Ridwan Kamil memberikan pertanyaan kepada Rano Karno yang pernah menjabat sebagai wakil yang selanjutnya naik jadi Gubernur Banten.

Pertanyaan tersebut mengenai indeks pembangunan manusia di Banten yang pada kenyataannya tidak naik yang ada malah turun.

“Dalam catatan saya dari tahun 2012 sampai 2017, indeks pembangunan manusia Banten tidak naik,” tanya Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil <b>(Istimewa)</b> Ridwan Kamil (Istimewa)

“Yang terjadi bukan stabil malah turun, 0,07 apa kendalanya apa permasalahannya?,” sambung dia.

Mendapat pertanyaan tersebut, Rano Karno mengatakan bahwa ia menjabat sebagai Gubernur hanya satu tahun.

Rano Karno atau Bang Doel  <b>(Istimewa)</b> Rano Karno atau Bang Doel (Istimewa)

“Kang Emil mungkin pura-pura enggak tahu, padahal dia tahu. Kang, saya jadi Gubernur Banten cuma satu tahun kang. Saya 2012 sampai 2013 jadi wakil gubernur, 2013-2015 jadi Plt gubernur, saya jadi gubernur (Banten) 1 tahun," jawab Rano Karno.

Rano lantas mengakui bahwa selama menjadi Gubernur Banten selama satu tahun, belum semua wilayah yang mampu ditingkatkan ekonominya, seperti di daerah Lebak dan Pandeglang. Namun, beberapa wilayah seperti di Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan di Kabupaten Tangerang mengalami pertumbuhan ekonomi yang membaik.

"Artinya Banten secara teritori sejahtera ada di Tangerang Raya. Cuma daerah Pandeglang dan Lebak tentu sulit untuk dikembangkan. Tapi alhamdulillah dengan diberikannya kawasan ekonomi khusus yang ada di Tanjung Lesung, Insya Allah Banten segera bisa mengejar indeks (pembangunan manusia) yang Kang (Emil) impikan itu tadi," tutup Rano Karno.

x|close