Dharma Pongrekun Bakal Booking Sawah di Indramayu, Padi Diganti Sagu

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 22:42
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Dharma-Kun. Dharma-Kun.

Ntvnews.id, Jakarta - Calon gubernur Jakarta Dharma Pongrekun bakal mem-booking sawah di Indramayu apabila menang Pilkada Jakarta 2024. Sawah itu nantinya bakal ditanami sagu.

Hal ini disampaikan Dharma, saat menjawab pertanyaan calon wakil gubernur Jakarta Suswono, terkait ketersediaan pangan.

Suswono mulanya memaparkan data pangan di Jakarta. Sebagian besar kebutuhan pangan di Jakarta dipasok dari luar.

"Data yang ada, 98% pangan Jakarta ini dipasok dari luar Jakarta, tentu rawan sekali dalam konteks ketahanan pangan," ujar Suswono dalam debat kedua Pilkada Jakarta 2024 di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024).

"Kira-kira apakah mungkin, dalam konteks inflasi ini, kita bisa mengurangi pangan ini berasal dari Jakarta sendiri. Lalu kalau memang bisa, kira-kira langkah konkretnya seperti apa?" tanya Suswono ke Dharma.

Dharma pun menjelaskan sejumlah langkah antisipasi inflasi bahan pokok ini. Salah satunya intervensi jalur tengkulak.

"Ada tujuh langkah untuk mengatasi inflasi bahan pokok. Yang pertama intervensi jalur tengkulak," kata dia.

Dharma lantas menawarkan ide untuk menyewa sawah di Indramayu atau Blitar. Ini dilakukan agar pasokan pangan di Jakarta aman.

"Terus kemudian kita perlu melakukan kerja sama dengan daerah. Kalau perlu Jakarta mem-booking sawah, contohnya di Indramayu. Agar perhitungan pasokan untuk Jakarta bisa terpenuhi. Kalau perlu juga dengan Blitar dan sebagainya," papar dia.

Dharma juga akan menyiapkan program gerakan menanam. Karena, kata dia menanam bisa dilakukan pada media apa pun.

"Lalu kita perlu juga menyiapkan gerakan menanam seperti yang Pak Ridwan Kamil sampaikan. Bahwa menanam bisa di atap di rooftop. Terus kita manfaatkan lahan juga yang tidak digunakan," jelas dia.

Di samping itu, dia mengusulkan agar padi bisa diganti sagu. Menurutnya, hal ini belum pernah dicoba.

"Bisa juga kita menggantikan padi dengan sagu. Mungkin ini belum pernah dicoba, tetapi pada saat kita sudah tidak mampu lagi, maka kita perlu mengganti padi dengan sagu," jelas dia.

Dharma juga bakal memastikan pengawasan terhadap distribusi barang. Ia ingin barang cepat didistribusikan ke masyarakat.

x|close