Klarifikasi soal Sekolah Swasta Gratis, Ridwan Kamil-Suswono: Bukan Sekolah Elite

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Okt 2024, 23:13
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
RK-Suswono RK-Suswono (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK)-Suswono menjelaskan soal pendidikan gratis di sekolah swasta yang jadi programnya, jika terpilih di Pilkada Jakarta 2024. Pasangan itu menegaskan bahwa sekolah swasta yang dimaksud,, bukan merupakan sekolah elite.

"Kalau itu (sekolah swasta elite) tidak perlu digratiskan, karena itu mereka sudah bisa ikut sendiri," ujar Suswono usai debat kedua Pilkada Jakarta, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (27/10/2024) malam.

Menurut dia, sekolah yang dimaksud ialah sekolah yang terdapat pada wilayah perkampungan di Jakarta. Kebijakan itu bakal diambil, sebab pihaknya telah mendapatkan masukan dari warga sebelumnya.

"Justru ini sekolah-sekolah yang pada umumnya, di perkampungan ini tersedot, ada keluhan dari mereka, 'Pak setelah ada zonasi mereka pada lari ke negeri'. Yang kedua dia juga dapat gratisan, sementara yang di swasta enggak," papar Suswono.

Pemerataan siswa sekolah ini akan dilakukan saat pasangan itu memenangi Pilkada Jakarta 2024. Tujuannya agar para siswa nantinya tak perlu jauh-jauh atau naik kendaraan angkutan umum, untuk menuju sekolah negeri tersebut.

"Padahal sesungguhnya di situ ada swasta. Nah tinggal bagaimana kita meningkatkan kualitas sekolah tersebut, dengan gurunya diberdayakan, dengan pendapatan yang juga memadai," kata Suswono.

Sementara, Ridwan Kamil menambahkan sekolah swasta gratis yang pihaknya maksud ialah sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah.

"Jadi diberikan oleh pemerintah provinsi ke swasta yang ditunjuk," ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa bukan sekolah swasta elite yang akan digratiskan biayanya, tapi sekolah untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Swasta yang mewah sekali itu bukan golongan itu. Tapi swasta yang menengah yang lebih terjangkau di pemukiman-pemukiman lebih padat," tandasnya.

x|close