1 Penumpang Tewas, Ini 5 Fakta Mengerikan Singapore Airlines Turbulensi Hebat

NTVNews - 22 Mei 2024, 10:09
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kondisi Dalam Pesawat Singapore Airlines Kondisi Dalam Pesawat Singapore Airlines (Twitter)

Ntvnews.id, Bangkok - Salah satu markasi terbaik, Singapore Airlines mengalami turbulensi hebat yang membuat semua penumpang panik.

Akibat kejadian tersebut, pesawat Singapore Airlines harus mendarat mendadak di salah satu Bandara di Thailand. Berikut beberapa fakta mengerikan pesawat Singapore Airlines turbulensi hebat, dilansir berbagai sumber:

1. Menewaskan 1 Orang Penumpang

Keadaan Pesawat Singapore Airlines <b>(Reuters)</b> Keadaan Pesawat Singapore Airlines (Reuters)

Insiden turbulensi hebat yang dialami oleh Singapore Airlines menewaskan satu orang penumpang. Dengan meninggalnya satu orang penumpang menjadi perhatian pekar penerbangan John Strickland.

"Cedera akibat turbulensi parah relatif jarang terjadi pada jutaan penerbangan yang dioperasikan. Namun, turbulensi parah bisa menjadi dramatis dan menyebabkan cedera parah atau, sayangnya, dalam kasus ini kematian," ungkap John.

2. 30 Orang Luka-luka

Pesawat Singapore Airlines berjenis Boeing 777-300ER. Dalam pesawat tersebut membawa 211 penumpang dan 18 awak.

Menurut beberapa media di Thailand, insiden turbulensi yang dialami oleh maskapai Singapore Airlines diperkirakan ada 30 orang yang mengalami luka-luka.

3. Tujuan Penerbangan

Singapore Airlines yang terbang dari London, Inggris dan direncanakan awal akan mendarat di Bandara Singapura. Namun akibat terjadi turbulensi hebat membuat pesawat tersebut melakukan pendarat darut ke bandara Thailand.

4. Sempat Turun Ketinggian

Berdasarkan data FlightRadar24, setelah sekitar 11 jam waktu terbang sejak lepas landas di London, pesawat tersebut turun tajam dari ketinggian sekitar 37.000 kaki menjadi 31.000 kaki hanya dalam waktu lima menit setelah selesai melintasi Laut Andaman dan mendekati Thailand.

"Tiba-tiba pesawat mulai miring dan terjadi guncangan sehingga saya bersiap menghadapi apa yang terjadi, dan tiba-tiba terjadi penurunan yang sangat drastis sehingga semua orang yang duduk dan tidak mengenakan sabuk pengaman langsung terlempar ke langit-langit"” kata Dzafran Azmir, 28 tahun dikutip dari Reuters, Selasa Rabu 22 Mei 2024.

"Beberapa orang kepalanya terbentur kabin bagasi di atas dan penyok, mereka menabrak tempat lampu dan masker berada dan langsung menerobosnya," lanjutnya.

5. Ini Kata Menteri Transportasi Singapura

Menteri Transportasi Singapura Chee Hong Tat mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan kepada penumpang dan keluarganya.

"Saya sangat sedih mengetahui kejadian di dalam pesawat Singapore Airlines SQ321 dari London Heathrow ke Singapura," tulisnya dalam pernyataan di Facebook.

x|close