Senator AS Berikan Dukungan Perintah Penangkapan PM Israel Benjamin Netanyahu

NTVNews - 24 Mei 2024, 12:10
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Demo Bela Palestina di Amerika Serikat Demo Bela Palestina di Amerika Serikat (Istimewa)

Ntvnews.id, Washington - Senator independen dari Amerika Serikat, Bernie Sanders, menyokong permintaan kepala jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC), Karim Khan, untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

Selain Netanyahu, ICC juga mengumumkan bahwa mereka telah meminta surat perintah penangkapan terhadap Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, dan tiga pemimpin Hamas, termasuk ketua mereka, Yahya Sinwar.

Dilansir dari Anadolu, Jumat, 24 Mei 2024, Mereka diminta ditangkap oleh ICC atas tuduhan kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina.

American Israel Public Affairs Committee (AIPAC). <b>(AIPAC)</b> American Israel Public Affairs Committee (AIPAC). (AIPAC)

Sanders mendorong Amerika Serikat untuk menghormati hukum internasional. "Saya percaya bahwa ICC berupaya untuk menegakkan hukum internasional dan standar minimum perilaku yang baik. Oleh karena itu, pemerintah kita juga harus mengikuti jejak yang sama," ujarnya di hadapan Senat Amerika Serikat.

Baca Juga:

Parlemen Eropa Sebut Israel Dalang Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi

Resmi! ICC Keluarkan Surat Penangkapan PM Israel Banjamin Netanyahu

Dia juga menyoroti bahwa ketika ICC menyatakan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sebagai penjahat perang tahun lalu, pemerintah AS memberikan sambutan positif terhadap keputusan tersebut.

Halaman
x|close