Gaya Hidup Dikritik, Mahasiswi UNDIP Cantika Mutiara Johani Mundur dari Bantuan KIP Kuliah

NTVNews - 1 Mei 2024, 15:09
Habieb Febriansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Cantika Mutiara Johani Cantika Mutiara Johani (Instagram)

NTVnews.idViral di media sosial seorang mahasiswi Universitas Diponegoro (UNDIP) bernama Cantika Mutiara Johani menjadi sorotan warganet. Cantika yang juga merupakan penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), mendapat kritik pedas karena gaya hidupnya yang terkesan mewah.

KIP-K merupakan sebuah program bantuan pendidikan dari pemerintah yang ditujukan bagi mahasiswa dengan potensi akademik tinggi namun terbatas secara ekonomi. Namun, Cantika, yang terdaftar sebagai penerima bantuan ini, dianggap tidak pantas menerima bantuan tersebut.

Diketahui KIP-K diperuntukan bagi mahasiswa dengan kondisi ekonomi kurang mampu. Namun, Cantika, yang juga dikenal sebagai seorang selebgram dengan ribuan pengikut di Instagram, menimbulkan kontroversi karena gaya hidupnya yang terlihat berlebihan.

Akibat tekanan dan kritikan yang terus-menerus dari netizen, Cantika akhirnya memilih untuk mencabut diri dari bantuan KIP-K yang diterimanya.

Melalui akun media sosialnya, Cantika menyampaikan permohonan maaf atas kesalahannya dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di masa mendatang.

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan saya mengenai beasiswa KIP-Kuliah. Terima kasih atas teguran yang diberikan, saya mengaku salah dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi," ucap Cantika dalam pernyataannya.

Tidak hanya itu, Cantika juga mengajukan pengunduran diri secara resmi sebagai penerima bantuan KIP Kuliah. 

Selain itu, Cantika juga menegaskan bahwa ia tidak pernah memalsukan data saat mendaftar sebagai penerima KIP Kuliah. 

"Saya izin mengklarifikasi bahwa saya tidak pernah memalsukan data beasiswa sedikitpun. Saya isi sebenar-benarnya mengenai kondisi keluarga saya, Ayah saya meninggal 10 tahun yang lalu dikarenakan kanker, sisa utang adalah biaya pengobatan bertahun tahun dengan jaminan rumah," pungkasnya.

x|close