Ntvnews.id, Jakarta - NTVnews.id telah merampungkan program Google News Initiative (GNI) Design Lab SEAS. Hanya ada 3 media dari Indonesia yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini.
GNI Newsroom Design Lab adalah pelatihan dan pendampingan ini bertujuan membantu media membangun sebuah ruang redaksi yang dapat mempercepat pertumbuhan digital ke depannya.
Program pelatihan berlangsung secara online selama 4 bulan sejak 1 Juli hingga 14 Oktober 2024. Program ini hanya berlangsung dalam 16 sesi dengan satu sesinya berdurasi 1 jam.
Secara keseluruhan progra GNI Newsroom Design Lab diikuti oleh 12 media dari delapan negara. Masing-masing media dibagi ke dalam dua kelompok, yakni dual platform penerbit (cetak dan digital) dan media digital. Seluruh peserta datang dengan pengalaman yang berbeda-beda.
NTVnews yang baru berdiri enam bulan sebelum program diluncurkan boleh dikatakan jadi peserta 'termuda', sementara Manila Times yang sudah berusia 126 tahun jadi 'kakak tertua'.
Dengan lebih dari 50 organisasi media bersaing untuk mendapatkan tempat dalam program ini, NTVnews mendapatkan tempatnya setelah melalui proses seleksi multi-tahap yang ketat.
Program GNI Newsroom Design Lab menerapkan sistem masterclass dan one on one session, serta kunjungan langsung ke kantor redaksi dalam menjalankan pelatihannya. Setiap sesi dipandu oleh staf-staf berpengalaman dari FT Strategies (FTS), perusahaan konsultan media dari Inggris.
Perwakilan FT Strategies (FTS) saat menyampaikan materi pelatihan GNI News Labs di kantor NTVnews.id, Jakarta. (NTVnews.id)
FTS membantu media dalam mentransformasi diri ke dunia digital. FTS dikelola oleh para ahli yang berhasil mengubah model bisnis Financial Times dalam menghadapi perkembangan zaman. FTS bekerja dengan memberikan strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dibangun berdasarkan kemampuan terdepan yang meningkatkan customer engagement, retention, revenue, dan profit.
FTS ikut berperan dalam perubahan surat kabar Financial Times yang sudah berusia 130 tahun menjadi model digital yang berkembang secara pesat. Financial Times kini telah bertransformasi dari model pendapatan iklan ke model berlangganan yang menguntungkan bisnis dan sukses meraih 1 juta pelanggan digital berbayar per tahun, lebih cepat dari jadwal semula.
Ada tiga bagian penting yang coba dimatangkan lewat program ini, yakni penyelarasan tim redaksi dan produksi, pemanfaatan teknologi, dan optimasi proses. Selama program GNI Newsroom Design Lab, FTS juga menganalisis ruang redaksi dan performa website di Google. Selanjutnya FT Strategies akan memberikan insight terkait pilihan-pilihan pengembangan ke depan.
GNI Newsroom Design Lab memperkenalkan "Flywheel Editorial", sebuah kerangka kerja redaksi yang disederhanakan untuk meningkatkan penyampaian konten yang tepat waktu dan berdampak. Berfokus pada tiga aktivitas inti yakni; Perencanaan & Penjadwalan, Pengumpulan & Pelaksana, dan Pelacakan & Persiapan—model ini memungkinkan pengoperasian yang lancar dan meningkatkan keterlibatan pembaca.
Diterapkan di ruang redaksi FT, kerangka kerja ini, dikombinasikan dengan prinsip-prinsip utama tentang manusia, proses, dan teknologi, mempercepat pertumbuhan digital dan koneksi audiens.
Kerangka kerja ini—yang diterapkan di ruang berita FT itu sendiri—memberdayakan ruang redaksi untuk beroperasi dengan lancar dan memperdalam keterlibatan pembaca. Program juga mengintegrasikan model ini dengan prinsip-prinsip dasar manusia, proses, dan teknologi, yang bertujuan mempercepat pertumbuhan digital dan keterlibatan audiens.
Setiap peserta NDL menyelesaikan program ini dengan diagnostik ruang redaksi komprehensif yang menyoroti peluang pertumbuhan strategis, serangkaian praktik terbaik untuk menutup kesenjangan kemampuan, kerangka prioritas untuk menginformasikan pengambilan keputusan, dan peta jalan yang jelas dan dapat ditindaklanjuti untuk inisiatif masa depan.
Selama empat bulan, para peserta menerima konsultasi yang dipersonalisasi dan memperoleh wawasan dari para ahli di Google, FT Strategies, dan Financial Times.
"GNI Newsroom Design Lab menambah wawasan kami dalam mengoperasikan ruang redaksi di NTVnews.id. Tentu ini bukan hanya proyek jangka pendek. Segala ilmu yang didapatkan dari program ini memberi pijakan baru bagi kami dalam menjalankan media digital ini ke depannya," ujar Pimpinan Redaksi (Editor in Chief) NTVnews.id, Ismoko Widjaya.
"Kami merasa beruntung bisa terpilih mengikuti program GNI Newsroom Design Lab. Sungguh sebuah pelatihan yang sangat berguna bagi kami," sambung Marco Tampubolon, project leader NTV News.id untuk program GNI Newsroom Design Lab menambahkan.
Pada akhirnya GNI Newsroom Design Lab bertujuan untuk memajukan praktik jurnalisme berkualitas, penguatan model bisnis media, dan membangun komunitas media global yang kolabotatif. Berikut ini adalah 12 media yang mengikuti GNI Newsroom Design Lab SEAS.
Sin Chew Daily, Malaysia
Daily Mirror Online, Sri Lanka
Thanh Niên, Vietnam
Tamil Murasu, Singapore
The Manila Times, Philippines
Khaosod, Thailand
Prothom Alo, Bangladesh
NTVNews, Indonesia
Merdeka, Indonesia
Suara, Indonesia
ABS-CBN, Philippines
Inquirer, Philippines