Warga Gadingrejo-Pasuruan Lebaran di Tengah Banjir

NTVNews - 10 Apr 2024, 14:16
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi banjir/ist Ilustrasi banjir/ist

NTVNews.id-Banjir yang merendam 5 kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sejak Selasa (9/4/2024) pagi belum surut total, Rabu (10/4/2024). Ratusan rumah warga di Kecamatan Bangil, Rembang, Kraton, Pohjentrek, dan Gondangwetan masih tergenang air. Ketinggian air sekitar 30-50 sentimeter. Banjir terparah terjadi di Dusun Duyo Kecamatan Pohjentrek dengan ketinggian air mencapai 170 sentimeter atau hampir 2 meter.

Meski harus berjibaku dengan genangan air yang merendam rumah dan pemukiman mereka, namun warga Dusun Rujak Gadung, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan tetap antusias dan bersemangat menjalankan ibadah salat Id menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di masjid atau lapangan terdekat.

Muhammad Iqbal, salah satu warga Dusun Rujak Gadung, menyatakan rasa syukurnya atas kesempatan melaksanakan salat id, meskipun dalam situasi banjir.

"Salat Idul Fitri adalah momen penting bagi kami sebagai umat Muslim," katanya.

Terbatasnya ruang dan tanah kering yang tersedia di masjid tak menyurutkan niat warga untuk melaksanakan salat Id.

"Ini adalah contoh nyata kekompakan dan keteguhan iman kita sebagai umat Muslim. Kami berdoa agar banjir segera surut dan kehidupan segera kembali normal bagi seluruh warga," tandasnya.

2 Orang Meninggal

Banjir yang melanda Kabupaten Pasuruan terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi pada Senin (8/4/2024) hingga Selasa (9/4/2024) pagi.

Halaman
x|close