Pengakuan Cucu Cantik SYL Bantah Reimburse Skincare ke Kementan di Depan Hakim: Bayar Sendiri

NTVNews - 28 Mei 2024, 08:19
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
SYL dan cucunya, Andi Tenri Bilang Radisyah atau Bibi. (Instagram) SYL dan cucunya, Andi Tenri Bilang Radisyah atau Bibi. (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Cucu mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Tenri Bilang Radisyah atau Bibi, dihadirkan jaksa KPK dalam sidang perkara pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa SYL. Di kesempatan itu, Tenri membantah me-reimburse biaya perawatan kecantikan atau biaya skincare ke Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kalau saudara ya, dan ibu saudara perawatan kecantikan, melakukan perawatan kecantikan. Apakah itu saudara membayar sendiri atau gimana?" tanya ketua majelis hakim Rianto Adam Pontoh dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (27/5/2024).

"Membayar sendiri, Yang Mulia," jawab Tenri.

"Kalau saudara membayar itu kan mendapat nota, apakah sepengetahuan saudara, nota itu di-reimburse ke Kementan?" tanya hakim.

Syahrul Yasin Limpo <b>(ANTARA)</b> Syahrul Yasin Limpo (ANTARA)

"Saya tidak pernah reimburse, Yang Mulia," jawab Tenri.

"Menyuruh orang lain untuk mengganti?" tanya hakim lagi.

"Mengganti tidak pernah," jawab Tenri.

Tenri mengaku pernah dihubungi oleh Kabag Umum Ditjen Perkebunan Kementan, Sukim Supandi. Tapi, ia mengaku tak pernah meminta uang pengganti untuk perawatan kecantikan dan skincare ke Sukim.

"Apakah saudara pernah nggak sebagaimana pernyataan Dindo tadi ditawari oleh orang dari Kementan untuk melayani saudara kalau ada sesuatu menghubungi?" tanya hakim.

"Pernah Yang Mulia," jawab Tenri.

"Siapa?" tanya hakim.

"Yang pertama, Sukim," jawab Tenri.

"Apakah saudara pernah meminta untuk biaya perawatan kecantikan ke Sukim?" tanya hakim.

"Tidak pernah, Yang Mulia," jawab Tenri.

Di samping itu, Tenri memberikan bantahan terkait permintaan lainnya ke Kementan. Ia membantah meminta tiket pesawat hingga pembelian iPad dan handphone.

"Tiket pesawat?" tanya hakim.

"Tiket pesawat seingat saya tidak pernah Yang Mulia," jawab Tenri.

"Untuk pembelian iPad atau HP?" tanya hakim lagi.

"Tidak pernah," jawab Tenri.

Sebelumnya, mantan Sub-Koordinator Pemeliharaan Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian (Kementan), Gempur Aditya, menyebut SYL juga menggunakan anggaran di Kementan untuk biaya perawatan skincare anak dan cucunya.

Gempur mengatakan permintaan anggaran skincare itu untuk membiayai perawatan anak SYL, Indira Chunda Thita. Kemudian, ada juga permintaan anggaran skincare untuk anak Thita yang diterimanya dari mantan ajudan SYL, Panji Hartanto.

Gempur mengatakan permintaan anggaran untuk skincare itu dilakukan secara rutin ke Biro Umum dan Pengadaan Kementan. Angkanya, sebut Gempur, ada yang Rp 17 juta hingga Rp 50 juta.

x|close