Pengungsi Rohingya Diduga Sudah Sampai Jakarta 'Nongkrong' di Sepanjang Jalan Tendean-Mampang

NTVNews - 28 Mei 2024, 08:57
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Diduga Pengungsi Rohingya di Jakarta Diduga Pengungsi Rohingya di Jakarta (Tangkapan Layar: Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Sudah sejak beberapa tahun silam imigran Rohingya kabur dari negara mereka sendiri, Myanmar, karena memang mendapat perlakuan sadis dari pemerintah. Hal tersebut bahkan disebut-sebut sebagai pembersihan etnis Rohingya di kawasan tersebut. 

Pemerintah mencatat bahwa pengungsi Rohingya sampai saat ini kurang lebih 1.487 orang dan diperkirakan akan terus bertambah karena gelombang pengungsi yang terus berdatang. Bahkan, mereka tampaknya bukan hanya tinggal di Aceh, tapi berjalan ke beberapa daerah. 

Seperti dalam sebuah video yang dibagikan oleh seorang artis sekaligus selebgram Lutfi Agizal baru-baru ini di Instagram pribadinya. Tampak beberapa orang di pinggir jalan dari arah Tendean menuju arah Mampang yang diduga sebagai etnis Rohingya. 

“Banyak sekali orang-orang ini seperti menunggu sesuatu??? Atau jangan2 ini pengungsi rohingya sudah sampe di jakarta? Mulai dari anak2 kecil-paruh baya sampai lansia,” tulis Lutfi Agizal menandai keterangan unggahan tersebut dilansir pada 28 Mei 2024. 

Lutfi Agizal mengatakan bahwa dirinya melihat banyak sekali orang yang sedang duduk sambil menunggu sesuatu. Namun, ia tidak tahu orang-orang tersebut sedang menunggu apa. Tapi, mereka tampaknya pengungsi Rohingya yang sudah sampai di Jakarta. 

“Tanggal 27 Mei 2024 ini fakta yang terjadi sepanjang jalan Mampang banyak orang menunggu sesuatu yang dia tunggu, tapi nggak tau apa yang dia tunggu. Ini Dinsos Provinsi DKI Jakarta harus turun tangan melihat fenomena ini. Ini terjadi,” ungkapnya. 

Mereka tampak duduk di trotoar sepanjang jalan dari arah Tendean bahkan sampai menuju kawasan Duren Tiga. Ia juga mengimbau kepada pemerintah setempat termasuk Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta untuk mencari tahu fenomena tersebut. 

Halaman
x|close