Ntvnews.id, Jakarta - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) melaporkan bahwa jumlah penumpang yang melalui 37 bandara yang dikelolanya telah mencapai 6 juta orang selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
"Secara keseluruhan, hingga hari ke-12 dari libur Natal dan Tahun Baru yang berakhir pada 5 Januari 2025, sudah ada sekitar 6 juta penumpang yang berhasil dikelola dengan baik di seluruh bandara kami," ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi di Tangerang, Senin, 30 Desember 2024.
Faik menambahkan, secara kumulatif, prediksi total pergerakan penumpang pada periode tersebut diperkirakan akan mencapai 9,3 juta orang, yang merupakan kenaikan sekitar 6 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang tercatat 8,71 juta penumpang.
Namun, ia juga menjelaskan bahwa dalam 12 hari setelah Natal, trafik penumpang di seluruh bandara Indonesia yang dikelola telah meningkat sekitar 10 persen dibandingkan dengan tahun lalu, dengan mencapai 6 juta pergerakan.
"Artinya, trafik yang kami layani sudah meningkat 10 persen dibandingkan tahun lalu, dan masih terus berkembang karena kami menargetkan total 9,3 juta penumpang selama 19 hari periode libur Natal dan Tahun Baru ini," lanjutnya.
Baca juga: TransNusa Delay 11 Jam, Penumpang Ngamuk, Situasi Bandara Chaos
Fahmi menambahkan bahwa sekitar 1.200 penerbangan tambahan telah dilaksanakan selama periode libur akhir tahun ini.
"Ada sekitar 1.200 ekstra flight yang sudah terjadwal, dan masih ada lagi penerbangan tambahan untuk arus balik," ujarnya.
Menurut Fahmi, Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, merupakan bandara yang mengalami lonjakan penumpang terbesar selama libur panjang ini, dengan estimasi jumlah penumpang mencapai 3,05 juta, atau naik sekitar 7 persen dibandingkan 2,85 juta penumpang pada tahun lalu.
"Bandara Soetta di Tangerang adalah yang terbesar di antara 37 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Indonesia, diikuti oleh Bali, Makassar, dan Kualanamu. Empat bandara ini mengalami lonjakan penumpang yang signifikan. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar," tuturnya.
Meskipun ada lonjakan trafik penerbangan pada akhir tahun ini, prioritas utama Angkasa Pura Indonesia adalah menjaga kelancaran operasional bandara, termasuk aspek keamanan, keselamatan, pelayanan, dan kesehatan.
Oleh karena itu, mereka akan terus berupaya memberikan berbagai layanan untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat selama libur panjang akhir tahun ini.
Baca juga: Ternyata Insiden Bird Strike Tertinggi Tercatat di Bandara Muan Korea Selatan
Dalam hal pelayanan, bandara InJourney Airports menawarkan pengalaman pelanggan yang memanjakan lima panca indera penumpang pesawat, yakni penglihatan (sights) dengan dekorasi bertema Natal dan Tahun Baru, suara (sound) melalui pertunjukan musik live, aroma (scent) dengan wewangian khas Nusantara, rasa (taste) dengan menyajikan makanan dan minuman khas liburan, serta sentuhan (touch) melalui kostum bertema liburan yang dikenakan oleh staf bandara.
"Bandara Soetta sudah sangat nyaman, trafik dapat kami antisipasi dengan baik, dan kami tidak menerima keluhan mengenai AC karena sudah cukup dingin. Kami merasakan perubahan positif yang terus dilakukan dan berharap ke depannya akan semakin baik," kata Fahmi.
(Sumber: Antara)