Wapres KH Ma'ruf Amin Lepas Jemaah Haji Aceh Kloter Pertama, Titip Pesan Penting Ini

NTVNews - 30 Mei 2024, 09:30
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Wapres Ma'ruf Amin lepas jemaah haji di Aceh Wapres Ma'ruf Amin lepas jemaah haji di Aceh (Setwapres dan Kementerian Agama RI)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin melepas keberangkatan jemaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama Embarkasi Aceh (BTJ-01) di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar. Ma'ruf meminta jemaah menjaga kesehatan mereka sehingga dapat melaksanakan ibadah haji hingga selesai.

Dikutip dari laman Website Kementerian Agama RI, sebanyak 393 jemaah asal Aceh Besar dan Sabang tiba di bandara sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu 29 Mei 2024. Mereka telah mengenakan pakaian ihram.

Setelah jemaah masuk ke pesawat, proses pelepasan dimulai. Wapres KH Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin, didampingi Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, masuk pesawat. "Sore ini, saya mengantar keberangkatan jemaah haji Aceh. Jemaah haji Aceh rata-rata menunggu keberangkatannya sampai 34 tahun," kata KH Ma'ruf.

Dia mengatakan, sebagian besar jemaah yang berangkat merupakan lansia. Namun mereka dalam kondisi sehat dan ceria.

"Sebagian jemaah yang berangkat merupakan lansia bahkan tadi saya lihat ada yang 82 tahun," ujarnya.

jemaah haji <b>(Media center haji)</b> jemaah haji (Media center haji)

KH Ma'ruf meminta jemaah menjaga kesehatan dan membawa air minum mengingat panasnya cuaca di Arab Saudi. Pemerintah telah menyiapkan petugas untuk dapat membimbing jemaah selama menjalankan ibadah haji.

"Saya juga minta jemaah untuk mewaspadai cuaca panas di Tanah Suci yang sampai 43 derajat. Mereka kita minta selalu membawa air, dan tidak terlalu memaksa diri dalam beribadah supaya pelaksanaan ibadah haji yang wajib tidak tertinggal," jelas KH Ma'ruf.

Halaman
x|close