Harga Beras Jadi Polemik Serius, Sumanto Ketua DPRD Jateng: Pemerintah Harus Fokus Kelola Pertanian

NTVNews - 30 Mei 2024, 10:00
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Sumanto Ketua DPRD Jawa Tengah Sumanto Ketua DPRD Jawa Tengah (Tangkapan Layar: YouTube NTV)

Ntvnews.id, Jakarta - Permasalahan mengenai harga beras memang kerap melanda Indonesia, terutama pada awal tahun 2024 kemarin. Karena itu, masyarakat mempertanyakan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Untuk membahas isu harga beras yang melambung tinggi, NusantaraTV mengundang Ketua DPRD Jawa Tengah, Sumanto dalam program Dialog NTV Prime yang bertajuk Jawa Tengah Penyanggah Produksi Beras Nasional pada Rabu, 29 Mei 2024 kemarin. 

Sebelum bergelut di dunia pemerintah seperti saat ini, Sumanto memang sudah memiliki fokus dalam meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya dalam hal kebutuhan beras. Ia memulai fokus tersebut dari Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. 

"Saya di DPR sudah sejak reformasi tahun 1996 dan 1998. Jadi anggota DPR di Kabupaten Karanganyar selama tiga periode. kemudian diberi tugas oleh partai untuk ke provinsi," kata Sumanto dalam kesempatan tersebut. 

Sumanto Ketua DPRD Jawa Tengah <b>(Tangkapan Layar: YouTube NTV)</b> Sumanto Ketua DPRD Jawa Tengah (Tangkapan Layar: YouTube NTV)

Selama dirinya bekerja di DPRD Kabupaten Karanganyar dan Jawa Tengah, Sumato memang sudah berfokus pada peningkatan industri pertanian. Ia juga mendorong peternak, nelayan, dan pelaku UMKM agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih baik. 

"Saya ini anaknya petani. Jadi tahu sejarah pertanian sejak ayah saya hingga kakek saya. Dulu sudah namanya swasembada dicanangkan. Sampai sekarang juga masih ada swasembada pangan. Kita bisa. Tapi belum pernah merasakan swasembada," ungkapnya.

Halaman
x|close