Dirjen Imigrasi ke Anak Buah: Berani Inovasi dengan Semangat Memperbaiki

NTVNews - 30 Mei 2024, 11:43
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Berani berinovasi dengan semangat memperbaiki, pesan Dirjen Imigrasi dalam rakor perwakilan imigrasi Berani berinovasi dengan semangat memperbaiki, pesan Dirjen Imigrasi dalam rakor perwakilan imigrasi

Ntvnews.id, Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menggelar rapat koordinasi yang diselenggarakan di Los Angeles, California, Amerika Serikat yang berlangsung pada 27-31 Mei 2024.

Rapat koordinasi tersebut dilakukan guna mendorong dan memperkuat koordinasi dan kerja sama pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian pada perwakilan RI, dengan mengusung tema Optimalisasi Peran dan Fungsi Atase Imigrasi Pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri Melalui Strategi Transformasi Digital.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Abdullah Azwar Anas, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Djan Faridz, Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, serta Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andy Rachmiante.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, memberikan dukungan kepada Ditjen Imigrasi untuk berani berinovasi dalam pemanfaatan teknologi digital.

"Perbaikan harus dilakukan terus menerus, tapi kalau tidak mulai maka kita tidak tahu di mana harus memperbaiki. Kita harus memiliki keberanian untuk memulai terobosan," ujar Yasonna dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/5/2024).

Rapat koordinasi ini menjadi wadah bagi Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri untuk bersinergi dalam isu keimigrasian, isu kekonsuleran serta isu perlindungan WNI di
luar negeri.

"Jadi (untuk penerbitan paspor di luar negeri) selain persyaratan formil, disyaratkan juga memiliki izin tinggal. Hal ini untuk mencegah agar WNI tidak tinggal di luar negeri secara ilegal," ucap Silmy Karim.

Halaman
x|close