Joe Biden Beri Restu Ukraina Serang Rusia Pakai Senjata dari AS

NTVNews - 31 Mei 2024, 09:16
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Amerika Serikat Joe Biden Presiden Amerika Serikat Joe Biden (Tangkapan Layar: Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Joe Biden telah mengizinkan Ukraina untuk menggunakan senjata buatan AS untuk menyerang Rusia. Hal ini dilakukan agar pasukan Kyiv bisa mempertahankan diri dari serangan yang ditujukan ke kota Kharkiv, sehingga mengurangi hambatan penting bagi kemampuan Ukraina untuk mempertahankan diri.

Presiden baru-baru ini mengarahkan timnya untuk memastikan bahwa Ukraina dapat menggunakan senjata yang dipasok AS untuk tujuan kontra-tembakan di wilayah Kharkiv sehingga Ukraina dapat membalas pasukan Rusia yang menyerang atau bersiap menyerang mereka,” kata seorang pejabat AS dilansir dari The Guardian

Namun, batasan penggunaan senjata jarak jauh AS seperti sistem rudal taktis tentara (ATACMS) akan tetap ada. “Kebijakan kami sehubungan dengan pelarangan penggunaan ATACMS atau serangan jarak jauh di Rusia tidak berubah,” kata pejabat itu.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky <b>(Instagram: Volodymyr Zelensky)</b> Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (Instagram: Volodymyr Zelensky)

Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa dampak utama dari perubahan kebijakan ini adalah memungkinkan artileri Ukraina yang dipasok oleh AS untuk membalas serangan Rusia di perbatasan Rusia dari wilayah Kharkiv. Hal ini akan berdampak buruk pada pertahanan Ukraina di sekitar kota Kharkiv.

Perubahan ini juga akan memungkinkan tentara Ukraina untuk menargetkan konsentrasi pasukan Rusia yang berkumpul di perbatasan wilayah Belgorod Rusia.

Keputusan Biden ini menyusul seruan dari sekutu AS di Eropa, termasuk Inggris, Jerman, Prancis, dan Sekretaris Jenderal NATO, agar Ukraina dapat menggunakan senjata yang disediakan Barat untuk melawan sasaran militer di Rusia. 

Halaman
x|close