Pesawat Militer AS F-35B Jatuh dan Terbakar di New Mexico, Pilot Terluka Parah

NTVNews - 31 Mei 2024, 10:57
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Pesawat Tempur F-36B Milik AS Pesawat Tempur F-36B Milik AS (Tangkapan Layar: Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Sebuah jet tempur siluman milik Amerika Serikat terjatuh di sekitar lapangan terbang di Albuquerque International Sunport, bandara internasional utama yang berada di New Mexico. Kecelakaan ini terjadi pada Rabu, 29 Mei 2024 waktu setempat. 

Beruntung, pilot pesawat tempur itu selamat usai menekan pelontar diri dan dirawat di rumah sakit. Pesawat yang dipakai sang pilot berjenis F-35B Joint Strike Fighter Lightning II. Saat ini, kondisi pilot tersebut masih stabil, namun terluka parah akibat terlempar ke udara. 

Menurut kronologi yang dibagikan, pesawat lepas landas dan mendarat vertikal hingga jatuh dan terbakar di sekitar lapangan terbang di New Mexico. Peristiwa ini terjadi setelah pengisian bahan bakar di Pangkalan Angkatan Udara Kirtland, kata Lockheed Martin.

Pesawat Tempur F-36B Milik AS <b>(military.com)</b> Pesawat Tempur F-36B Milik AS (military.com)

“Sebuah F-35B dalam perjalanan dari Fort Worth, Texas, ke Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, jatuh setelah berhenti mengisi bahan bakar di Pangkalan Angkatan Udara Kirtland, New Mexico,” menurut pernyataan perusahaan dilansir dari ABC News

“Ini adalah pesawat yang dimiliki dan dioperasikan oleh Pemerintah AS yang diterbangkan oleh pilot pemerintah dan berhasil melontarkan diri dengan selamat. Pesawat tersebut merupakan jet uji yang dilengkapi dengan Technology Refresh 2 (TR-2) dan dipindahkan ke Edwards AFB untuk modifikasi peralatan uji tambahan,” tambahnya. 

Perusahaan yang memproduksi pesawat tersebut mengatakan bahwa keselamatan merupakan prioritas mereka dan akan selalu mengikuti protokol investigasi yang sesuai. Pesawat militer tersebut hendak dipindahkan setelah mengalami modifikasi alat uji tambahan. 

Halaman
x|close