11 Negara Eropa Ini Ternyata Sudah Jadi Negara Merdeka

NTVNews - 2 Jun 2024, 06:42
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Anak Palestina Anak Palestina (Istimewa)

Ntvnews.id, Madrid - Norwegia, Spanyol dan Irlandia baru-baru ini menjadi negara eropa yang mengakui negara Palestina. Total 145 dari 193 negara anggota PBB yang telah mengakui Palestina sebagai sebuah negara. 

Kemudian, Perdana Menteri Irlandia, Simon Harris, menyatakan pengakuan  yang dilakukan negaranya dimaksudkan dalam upaya untuk menjaga kelangsungan perdamaian. 

Dengan tambahan pengakuan dari ketiga negara ini, jumlah negara Eropa yang telah mengakui kemerdekaan Palestina menjadi 11. Berikut negara-negara Eropa yang mengakui Palestina:

Krisis di Israel <b>(Istimewa)</b> Krisis di Israel (Istimewa)

  1. Swedia
  2. Siprus
  3. Hungaria
  4. Republik Ceko
  5. Polandia
  6. Slovakia
  7. Romania
  8. Bulgaria
  9. Irlandia
  10. Spanyol
  11. Norwegia

Namun demikian, negara-negara Eropa ini memberikan pengakuan tersebut sebelum mereka bergabung dengan Uni Eropa. Hanya Swedia yang mengakui Palestina pada 2014 lalu.

Baca Juga:

All Eyes on Rafah, Ribuan Massa Gelar Aksi Solidaritas Bela Palestina di Depan Kedubes Amerika

Bakal Usir Mahasiswa Pro-Palestina, Jika Donald Trump Terpilih Presiden Amerika Serikat

Baru-baru ini, Presiden Prancis Emmanuel Macron secara terbuka menyatakan kesiapannya untuk mengakui kemerdekaan Palestina. Ini merupakan perubahan dari sikap Prancis yang sebelumnya adalah salah satu sekutu Israel dan mendukung agresi Israel ke Jalur Gaza pada awal operasi militer pada 7 Oktober 2023. 

Halaman
x|close