Quraish Shihab Sebut Pernikahan Beda Agama Diperbolehkan dalam Al-Quran, Ini Alasannya

NTVNews - 3 Jun 2024, 10:26
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Quraish Shihab Quraish Shihab (Tangkapan Layar: Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Belakangan ini kabar pernikahan beda agama sering menjadi perbincangan di media sosial hingga menuai pro kontra di masyarakat. Mereka menilai bahwa pernikahan ini dikhawatirkan akan menghambat kehidupan rumah tangga karena berbeda visi dan misi yang tak sejalan. 

Menanggapi hal itu, mantan Menteri Agama Indonesia Prof. Quraish Shihab menjelaskan bahwa pernikahan beda agama dibolehkan dalam Al-Quran. Hal ini diungkapkan Quraish Shihab saat menjawab pertanyaan tentang pernikahan beda agama. 

"Al-Quran membolehkan (pernikahan beda agama). Pria Muslim menikah dengan ahlul kitab, orang Yahudi dan orang Kristen," kata Quraish Shihab seperti dilansir dari kanal YouTube Najwa Shihab pada Senin, 3 Juni 2024. 

Quraish Shihab <b>(Tangkapan Layar: Instagram)</b> Quraish Shihab (Tangkapan Layar: Instagram)

Menurut ayah kandung Najwa Shihab itu, agama Yahudi dan Kristen tak mengakui Nabi Muhammad SAW sebagai seorang nabi, tapi sebagai pembohong Sementara itu, agama Islam mengakui bahwa Nabi Isa AS adalah seorang nabi. 

"Islam membenarkan seorang Muslim lelaki mengantar istrinya ke gereja. Sehingga, Islam membenarkan pria Muslim menikah dengan ahlul kitab, tidak sebaliknya. Karena dikhawatirkan kalau lelaki yang Non-muslim ini menikah dengan Muslimah (wanita Muslim), bisa jadi dipaksa," jelasnya.

Lebih lanjut, pemuka agama yang kerap mengisi ceramah itu mengatakan bahwa para ulama di masa sekarang memang telah melarang pernikahan berbeda agama, baik pria maupun wanita. 

Halaman
x|close