Daftar Kontroversi BP Tapera yang Diteken Jokowi, dari Gaji Komite hingga Tunggakan ke Peserta

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jun 2024, 16:37
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Perumahan Ilustrasi Perumahan (Freepik)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Jokowi telah menetapkan aturan kontroversial mengenai Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dengan syarat pekerja yang sudah mendapatkan upah minimal di atas UMR, gajinya akan dipotong sebanyak 2,5 persen setiap bulannya. 

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan perumahan dengan mewajibkan setiap pekerja menyisihkan sebagian dari gajinya. Namun, ada beberapa sisi negatif dan kekhawatiran yang perlu diperhatikan dari program ini. 

Komite Tapera Dipimpin Para Menteri Jokowi

Menkeu Sri Mulyani mengenakan topi legendaris milik Menteri Basuki Menkeu Sri Mulyani mengenakan topi legendaris milik Menteri Basuki

Dengan adanya program ini, publik penasaran anggota atau pemegang Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Melansir dari situs resmi BP Tapera, lembaga yang baru dibentuk ini dipegang oleh Komite Tapera yang terdiri atas lima orang.

Nama-nama komite yang dimaksud adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi, dan seorang profesional.

Gaji Komite Tapera

Halaman
x|close