Fenomena Awan Berlubang Gegerkan Warga di Jember

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Jun 2024, 10:01
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Fenomena alam di langit daerah Jember pada pagi hari Selasa (4/6/2024) Fenomena alam di langit daerah Jember pada pagi hari Selasa (4/6/2024) (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Fenomena alam yang tidak biasa terjadi di langit Jember pada pagi hari Selasa (4/6/2024). Munculnya awan berlubang di wilayah Kecamatan Kaliwates menggegerkan warga dan menjadi viral di media sosial.

Fenomena ini terekam dalam gambar dan video yang dibagikan oleh banyak orang di media sosial. Awan putih yang berlubang seperti cincin ini terlihat cukup jelas di langit, dan tentu saja menarik perhatian banyak orang.

Menurut BMKG Banyuwangi Pos Meteorologi Jember, Hukama Nur Akmal lewat pesan tertulisnya, awan yang berlubang ini adalah awan yang biasa disebut dengan awan cavum. Awan ini juga dikenal dengan istilah awan celah melingkar, awan lubang jatuh, dan awan lubang-lubang.

"Bentuk seperti celah pada awan itu paling sering ditemukan di lapisan awan altocumulus, diikuti oleh cirrocumulus dan kemudian stratocumulus," tulisnya, dikutip dari Instagram @net2netnews2022, pada Rabu, (5/6/2024).

"Awan cavum dapat ditemukan di antara tiga jenis awan, yakni cirrocumulus, altocumulus, dan stratocumulus," tambahnya.

Hukama Nur Akmal, Forecaster BMKG Banyuwangi Pos Meteorologi Jember, menjelaskan bahwa awan cavum terbentuk karena adanya arus udara yang naik dengan kuat dan menembus lapisan awan. Arus udara ini kemudian membawa udara dingin dari atas awan, sehingga menyebabkan kondensasi dan terbentuknya awan baru di dalam lubang.

Awan cavum ini umumnya tidak berbahaya dan merupakan fenomena alam yang biasa terjadi. Fenomena ini dapat terjadi di mana saja, dan tidak hanya di Jember.

Halaman
x|close