Apa Itu Heatwave atau Gelombang Panas?

NTVNews - 3 Mei 2024, 11:30
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi suhu panas (pixabay/ geralt) Ilustrasi suhu panas (pixabay/ geralt) (Pixabay )

Ntvnews.id, Jakarta - Sejumlah daerah di Indonesia mengalami suhu panas dalam waktu beberapa hari terakhir. Seperti Aceh hingga Papua dilaporkan adanya peningkatan suhu panas.

Peningkatakan suhu tersebut setidaknya terjadi lima hari terakhir yang kemudian dikaitkan dengan fenomena gelombang panas atau Heatwave yang terjadi di sejumlah negara Asia.

Lantas apakah itu Heatwave atau gelombang panas? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasannya di bawah.

Pengertian Heatwave atau Gelombang Panas

Mengutip dari situs BMKG, gelombang panas atau yang dikenal dengan sebagai Heatwave, merupakan fenomena kondisi udara panas berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut dengan suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°C (9°F) atau lebih.

Fenomena gelombang panas ini umumnya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi, seperti wilayah Eropa dan Amerika.

Secara dinamika atmosfer tersebut bisa terjadi karena adanya udara yang panas terperangkap di suatu wilayah disebabkan adanya anomali dinamika atmosfer, mengakibatkan aliran udara tak bergerak dalam skala yang luas.

Hal tersebut seperti misalnya ada sistem tekanan tinggi dalam skala yang luas serta terjadinya pun cukup lama.

Sementara, wilayah Indonesia secara geografis berada di sekitar wilayah ekuatorial, maka punya karakteristik dinamika atmosfer yang berbeda dengan wilayah lintang menengah-tinggi.

Tak hanya itu, wilayah Indonesia juga punya variabilitas atas perubahan cuaca yang cepat. Adanya perbedaan karakteristik dinamika atmosfer itu, maka bisa dikatakan jika di wilayah Indonesia tak terjadi fenomena yang dikenal dengan Gelombang Panas atau Heatwave.

Hal yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan kondisi Suhu Panas harian yang umumnya disebabkan adanya kondisi cuaca cerah pada siang hari dan relatif lebih signifikan saat posisi semu matahari di sekitar ekuatorial. 

x|close