Hizbullah Pakai Taktik dan Senjata Baru, Israel Langsung Ketar-ketir

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jun 2024, 11:25
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Lebanon vs Israel Lebanon vs Israel (AFP)

Ntvnews.id, Jakarta - Kelompok militan Lebanon Hizbullah pekan ini menyerang sebuah pos militer di Israel utara menggunakan pesawat tak berawak yang menembakkan dua rudal. Serangan itu melukai tiga tentara, salah satunya serius, menurut militer Israel.

Melansir Arab News, Kamis (6/6/2024), Hizbullah secara teratur menembakkan rudal melintasi perbatasan dengan Israel selama tujuh bulan terakhir, namun serangan pada hari Kamis, 16 Mei tampaknya merupakan serangan udara rudal pertama yang berhasil diluncurkan dari dalam wilayah udara Israel.

Kelompok ini telah meningkatkan serangannya terhadap Israel dalam beberapa pekan terakhir, terutama sejak serangan Israel ke kota selatan Rafah di Jalur Gaza. Mereka telah menyerang lebih dalam di wilayah Israel dan memperkenalkan persenjataan baru dan lebih canggih.

“Ini adalah metode pengiriman pesan di lapangan kepada musuh Israel, artinya ini adalah bagian dari apa yang kami miliki, dan jika diperlukan kami dapat menyerang lebih banyak lagi,” kata analis politik Lebanon Faisal Abdul-Sater yang sangat mengikuti Hizbullah.

Meskipun baku tembak lintas batas telah berlangsung sejak awal Oktober, “serangan kompleks” oleh Hizbullah dimulai beberapa hari setelah serangan drone dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada pertengahan April.

Dalam dua minggu terakhir, Hizbullah semakin meningkat sebagai respons terhadap serangan Israel ke kota Rafah selatan di Jalur Gaza, kata seorang pejabat Lebanon yang mengetahui operasi kelompok tersebut. Pejabat tersebut berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk merinci informasi militer kepada media.

Penggunaan persenjataan yang lebih canggih oleh Hizbullah, termasuk drone yang mampu menembakkan rudal, drone peledak, dan jenis peluru kendali kecil yang dikenal sebagai Almas, atau Diamond, yang digunakan untuk menyerang pangkalan yang mengendalikan balon tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan militer Israel.

“Hizbullah telah meningkatkan situasi di utara,” kata juru bicara militer Letkol Nadav Shoshani. “Mereka semakin sering menembak.”

Dalam mengadaptasi serangannya, Hizbullah juga berhasil mengurangi jumlah pejuang yang hilang dibandingkan minggu-minggu awal konflik.

Halaman
x|close