Iran Bersumpah Bakal Balas Serangan Israel yang Menewaskan Perwira Militer IRGC

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jun 2024, 15:19
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Perwira Elite Iran, Saeid Abyar Perwira Elite Iran, Saeid Abyar (Tangkapan Layar: Twitter )

Ntvnews.id, Teheran - Panglima Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran telah memperingatkan bahwa Israel akan “membayar akibat” atas serangan udara di Suriah yang menewaskan perwira Garda Revolusi Iran Saeid Abiar pada Senin pagi waktu setempat, seperti kata iranintl.

Hossein Salami dalam pesan belasungkawa atas pembunuhan Abiar, mengatakan bahwa Israel harus “mengharapkan tanggapan” atas serangan yang menurut SANA, kantor berita Suriah. Serangan ini menewaskan beberapa 'martir' dan menyebabkan kerusakan material.

Israel biasanya tidak mengomentari serangan di Suriah namun mereka dituduh menyerang sasaran militer Iran di Suriah sejak tahun 2011. Kehadiran Iran di Suriah meningkat setelah perang saudara dalam upaya untuk mempertahankan Presiden Bashar Assad tetap berkuasa. 

Mereka menggunakan Suriah sebagai sebuah pangkalan untuk mengoordinasikan proksinya di wilayah tersebut dan mentransfer senjata ke kelompok seperti Hizbullah di Lebanon.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris melaporkan bahwa para korban termasuk anggota Hizbullah Lebanon, sebuah pabrik tembaga dan gudang senjata, yang menjadi sasaran serangan tersebut.

Pada hari Selasa, Salami menghadiri upacara pemakaman Abiar, yang merupakan anggota senior Pasukan Quds IRGC dan telah ditempatkan di Suriah sejak tahun 2012, diyakini sebagai penasihat yang mengoordinasikan kegiatan proksi Iran.

Ini adalah serangan kedua dalam seminggu dan merupakan kelanjutan dari meningkatnya ketegangan antara Iran dan musuh bebuyutannya, Israel. Pada bulan April, dugaan serangan udara Israel menewaskan dua jenderal IRGC dan beberapa pejabat senior di konsulat Iran di Damaskus.

Halaman
x|close