Panglima TNI: RSPAD dan RS Pangsar Soedirman Disiapkan Terima Pasien dari Gaza

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Jun 2024, 16:52
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Panglima TNI Agus Subiyanto dan Wamenhan Panglima TNI Agus Subiyanto dan Wamenhan (Deddy Setiawan/ NTVnews.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Jenderal TNI Agus Subiyanto, Panglima TNI, mengungkapkan bahwa Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman di Jakarta telah dipersiapkan untuk menerima pasien dari Gaza, Palestina, yang membutuhkan perawatan di Indonesia.

"Kami siapkan rumah sakit di dalam negeri, RSPAD dan Rumah Sakit Pangsar Soedirman Kemhan (Kementerian Pertahanan) apabila pasien dari Gaza dirawat di Indonesia, yaitu dapat menampung 1.000 pasien dan lebih," kata Agus saat ditemui di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024. 

Agus mengatakan bahwa TNI telah menyiapkan peralatan utama sistem senjata (alutsista) untuk misi kemanusiaan ke Gaza, termasuk kapal perang KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat dan KRI dr. Soeharso.

Panglima TNI Agus Subiyanto dan Wamenhan <b>(Deddy Setiawan/ NTVnews.id)</b> Panglima TNI Agus Subiyanto dan Wamenhan (Deddy Setiawan/ NTVnews.id)

"KRI Radjiman diawaki oleh 163 personel dan memiliki fasilitas 160 tempat tidur pasien, sedangkan KRI Soeharso akan mampu menampung 40 pasien dan mengangkut 500 personel. KRI Soeharso juga dapat mengangkut 14 kendaraan taktis dengan berat maksimal masing-masing 8 ton," tuturnya.

Mayjen Budi Hariswanto Jabat Kapusziad Gantikan Mayjen TNI I Nengah Wiraatmaja

TNI Viral yang Tendang Kepala Pengendara Lain Berakhir Damai

Dia menjelaskan bahwa TNI juga telah menyiapkan dua opsi alternatif, termasuk rumah sakit lapangan (rumkitlap) di Gaza dengan kapasitas 100 tempat tidur, serta pembangunan rumah sakit di tiga lokasi yang berbeda.

Halaman
x|close