73 Maktab dan PPIH Gelar Koordinasi Jelang Puncak Haji

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Jun 2024, 10:51
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Petugas PPIH di Arafah Petugas PPIH di Arafah (Kementerian Agama RI)

Ntvnews.id, Jakarta - Ada yang berbeda dalam persiapan penyelenggaraan haji 1445 H/2024 M. Untuk kali pertama, unsur pimpinan dari 73 maktab yang memberikan pelayanan kepada jemaah Indonesia bertemu Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dalam waktu dan tempat yang sama.

Pertemuan ini membahas persiapan layanan menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Salah satu yang dibahas adalah distribusi smart card yang baru diberlakukan tahun ini dan skema penggunaannya dalam proses pergerakan jemaah ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Maktab adalah para pihak yang membantu Masyariq dalam memberikan layanan kepada jemaah haji Indonesia. Total ada 73 maktab yang melayani jemaah haji Indonesia.

Komunikasi antara pihak Masyariq dan Maktab dengan PPIH, selama ini lebih sering terjadi di level pimpinan. Padahal, komunikasi antar petugas di lapangan sangat penting. Karenanya, PPIH Arab Saudi berinisiatif mempertemukan unsur pimpinan maktab dari pihak Masyariq dengan koordinator maktab dari PPIH Arab Saudi.

"Sepanjang pengetahuan saya, forum semacam ini baru dilakukan sepanjang sejarah penyelenggaraan ibadah haji," terang Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji Kemenag Hilman Latief saat memberikan sambutan di Makkah, Kamis (6/6/2024), dilansir dari website Kementerian Agama RI.

petugas haji <b>(Kementerian Agama)</b> petugas haji (Kementerian Agama)

Hadir, Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, para Staf Khusus Menteri Agama, para Pejabat Eselon II Kemenag, Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Hadir juga, Ketua Masyariq M Amin Indragiri dan jajarannya, serta para pimpinan dari 73 maktab. Mereka duduk masing-masing bersebelahan dengan koordinator maktab dari PPIH Arab Saudi.Oleh Hilman, mereka diminta untuk saling berkenalan dan bertukar nomor telepon.

Hilman mengaku pihaknya telah melakukan evaluasi atas penyelenggaraan ibadah haji 2023 dan tahun sebelumnya. Menurut Hilman, komunikasi yang kurang intensif antar pihak menjadi salah satu titik lemah dalam pelayanan.

Halaman
x|close