Mau Beli Hewan Kurban? Cek Fisik Dulu dan Kesehatannya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Jun 2024, 14:15
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Sapi di peternakan Sapi di peternakan (website pemerintah kota Semarang)

Ntvnews.id, Jakarta - Perayaan Idul Adha 2024 tinggal menghitung hari. Hari raya yang identik dengan penyembelihan hewan kurban itu sangat dinantikan kaum muslimin di seluruh dunia, tak terkecuali di Tanah Air.

Namun, sebelum membeli hewan kurban, tak salahnya, kita mengetahui dahulu kondisi hewan kurban yang akan kita beli.

Umumnya jenis hewan kurban yang dipilih kambing, domba, kerbau dan sapi. Bagi umat Islam berencana kurban perlu memilih dan memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat dan tidak berpenyakit.

Secara umum, para ulama memutuskan setidaknya hewan kurban harus memenuhi 3 syarat, yaitu jenis hewan ternak, memenuhi usia minimal sesuai syariat, dan dalam keadaan sehat saat disembelih.

Syarat Hewan Kurban dasarnya yang harus diperhatian serius adalah Jenis hewan kurban adalah salah satu yang wajib diperhatikan, yaitu wajib hukumnya menyembelih hewan ternak sebagai hewan kurban, usia hewan yang cukup, yakni memperhatikan usia hewan kurban juga merupakan hal yang wajib, bebas dari cacat dan bukan hewan yang memakan najis.

Dikutip dari NU Online, Dokter Hewan, Ahmad Syifa Sidik mengatakan memilih hewan kurban yang sehat dan tidak berpenyakit merupakan sesuatu yang harus untuk menjaga kualitas daging kurban yang akan dibagikan.

Setiap orang yang hendak membeli hewan kurban harus teliti mengenali ciri hewan yang layak. Umumnya bisa dikenali dari berbagai ciri fisik. Berikut ini tips cara memilih hewan ternak yang sehat untuk kurban.

1. Pastikan kondisi tubuh sehat

Halaman
x|close