Dirjen Kebudayaan Lepas KRI Dewaruci Melewati Jalur Rempah Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Jun 2024, 14:41
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Dirjen Kebudayaan Lepas KRI Dewaruci Dirjen Kebudayaan Lepas KRI Dewaruci (ist)

Ntvnews.id, Jakarta - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid lepas keberangkatan KRI Dewaruci yang mengawali pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024.

Pelepasan ini dilakukan dari Dermaga Markas Besar Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta, Jumat, 7 Juni 2024.

"Ini sebuah upaya untuk memperkenalkan kembali masyarakat kita, mengintegrasikan kembali, menelusuri lagi tapak-tapak sejarah maritim kita yang sebetulnya sangat luar biasa," kata Hilmar Farid dikutip dari antara.

Dirjen Kebudayaan Lepas KRI Dewaruci  <b>(ist)</b> Dirjen Kebudayaan Lepas KRI Dewaruci (ist)

Menurut Hilmar, meski Indonesia memiliki kenyataan sejarah sebagai negeri maritim, namun dalam keseharian masyarakat cenderung berjarak dari dunia maritim atau dunia laut.

Baca Juga: TNI AL Lepas Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah: Menelusuri Jejak Sejarah dan Memperkuat Persatuan Bangsa

"Tentu tujuan akhir dari perjalanan ini bukan hanya demi minat pada sejarah semata, tetapi juga ada hubungannya dengan masa sekarang dan masa depan," kata Hilmar Farid.

Diketahui, MBJR 2024 ini melibatkan sedikitnya 150 Laskar Rempah yang terdiri atas 75 peserta hasil seleksi terbuka dan 75 peserta undangan dari kalangan wartawan, pegiat budaya, penulis, serta pemengaruh media sosial.

Halaman
x|close