Hari Raya Idul Adha, Simak Cara Memilih Hewan Kurban Sehat dan Layak Dikonsumsi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Jun 2024, 15:55
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nuryani Zainuddin saat menjadi narasumber dalam program NTV Today di Nusantara TV, Jumat (7/6/2024). Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nuryani Zainuddin saat menjadi narasumber dalam program NTV Today di Nusantara TV, Jumat (7/6/2024).

Ntvnews.id, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia bakal menyambut Hari Raya Idul Adha. Ini menjadi momentum untuk bersedekah dengan cara berkurban.

Bagi umat Muslim yang berencana akan berkurban, tak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban

Hal ini dimaksudkan agar hewan yang hendak dikurbankan sehat dan sesuai dengan syariat yang telah ditetapkan. Selain itu, dalam berkurban dianjurkan agar memilih hewan terbaik. 

Secara umum, hewan yang akan dijadikan kurban haruslah halal secara Islam dan sehat. Namun, dengan banyaknya penjual hewan kurban yang ada, tentu membuat sebagian masyarakat merasa bingung memilih hewan kurban yang sesuai dengan ketentuan. 

Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nuryani Zainuddin, mengatakan memilih hewan kurban yang sehat dan layak dikonsumsi sangat penting.

"Hewan untuk kurban nanti akan dikonsumsi oleh para mustahik (penerima), sehingga kesehatan hewan ternak itu harus terjamin. Karena masih banyak beberapa penyakit yang endemis di Indonesia. Penyakit-penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ternak kurban kepada manusia. Jadi harus ada jaminan terkait dengan pelaksanaan hewan kurban di Indonesia," ujar Nuryani saat menjadi narasumber dalam program NTV Today di Nusantara TV, Jumat (7/6/2024).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, berdasarkan data dan pelaporan dari hasil temuan beberapa tahun terkait dengan kegiatan hewan kurban memang masih banyak ditemukan beberapa penyakit yang harus diwaspadai.

Halaman
x|close