9,4 Juta Lansia Masih Kerja Demi Sambung Hidup Gen Z

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 7 Jun 2024, 16:41
Siti Ruqoyah
Penulis & Editor
Bagikan
Lansia masih aktif kerja Lansia masih aktif kerja (Tiktok Bakerzin)

Ntvnews.id, Jakarta - Media sosial dihebohkan adanya munculnya lansia yang diperbolehkan bekerja di berbagai restoran di Indonesia. Meski usianya sudah di atas 60 tahun, tetapi semangat kerjanya tak kalah dengan anak muda.

Munculnya lowongan pekerjaan untuk warga yang lanjut usia ini ternyata membuka harapan baru bagi mereka para lansia yang masih membiayai hidup keluarga meski usia sudah tak lagi muda.

Salah satu perusahaan yang membuka lowongan untuk lansia yakni Boga Group. Presiden Direktur Boga Group, Kusnadi Rahardja menjelaskan alasan merekrut lansia untuk bagian dari tim mereka.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Pepper Lunch Indonesia (@pepperlunchid)

"Di Singapura, 31,5 persen lansia masih aktif bekerja, sementara di Hong Kong, lebih dari 153 ribu lansia masih terlibat dalam dunia kerja. Boga group terketuk untuk membuka pintu kesempatan bekerja bagi para lansia berusia 60 tahun ke atas," kata Kusnadi.

Posisi yang dibuka untuk lansia di Boga Group adalah sebagai server. Tugasnya meliputi menerima pesanan hingga menyajikan hidangan dengan senyum dan keramahan, dan membersihkan area meja setelah digunakan.

Dari data yang dikutip NTVNews.id dari Harian Kompas, Jumat (7/6/2024) menyebutkan, sebanyak 9,4 juta warga lansia bekerja sebagai penopang keluarga. Data ini diambil dari data mikro Survei Sosial Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik Maret 2022.

Dijabarkan pula, 5,7 juta atau 61 persen para lansia menanggung beban
11,1 juta generasi produktif, yaitu milenial (lahir 1981-1996) dan gen Z (lahir 1997-2012). Sisanya menanggung kehidupannya sendiri atau pasangannya sesama lansia.

Halaman
x|close