Kapal Pelni yang Angkut 1.677 Penumpang Terbakar di Makassar, Ini Penyebabnya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Jun 2024, 11:05
Dedi
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Kapal Pelni Terbakar di Makasar Kapal Pelni Terbakar di Makasar (Tangkapan Layar: TikTok)

Ntvnews.id, Jakarta - Sebuah kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni terbakar hebat saat sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, pada Minggu, 9 Juni 2024 dini hari kemarin. Kapal yang terbakar itu adalah KM Umsini yang mengangkut sekitar 1.677 penumpang. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto membeberkan kronologi kebakaran kapal milik perusahaan BUMN tersebut. Evan menyebut sumber api pertama kali diketahui pukul 04.20 WITA dan berhasil dipadamkan pukul 09.03 WITA. 

Para anak buah kapal (ABK) KM Umsini berupaya untuk melakukan pemadaman api menggunakan alat pemadam yang tersedia di atas kapal. Dia mengatakan bahwa kebakaran kapal ini diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin. 

Kapal Pelni <b>(Tangkapan Layar: Instagram)</b> Kapal Pelni (Tangkapan Layar: Instagram)

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. Api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 WITA,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto dalam keterangan di Jakarta, Minggu dilansir dari Antara

Pada saat kejadian, ABK KM Umsini juga dengan cepat berusaha melakukan evakuasi para penumpang yang masih berada di dalam kapal laut terbakar itu. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal Pelni tersebut. 

“Dan saat yang bersamaan menurunkan penumpang ke dermaga. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait," jelas Evan.

Halaman
x|close