Otto Hasibuan Sesalkan Ayah Eky Ikut Tangani Kasus Vina: Pasti Tak Objektif Hasilnya!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jun 2024, 07:25
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Konferensi pers DPN Peradi terkait kasus pembunuhan Vina dan Eky. Konferensi pers DPN Peradi terkait kasus pembunuhan Vina dan Eky.

Ntvnews.id, Jakarta - Pengacara senior yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) Otto Hasibuan, menyesalkan mengapa dulu ayah Eky, Rudiana, ikut menyelidiki kasus pembunuhan anaknya. Hal itu, menurut Otto tak tepat karena hasil penyelidikannya takkan objektif.

Pernyataan Otto ini disampaikan usai keluarga lima terpidana kasus Vina datang untuk meminta bantuan hukum. Mereka meminta Peradi menjadi kuasa hukum dalam pengajuan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

"Dan menurut cerita yang di dalam ini yang menangkap ini adalah ayah korban. Polisi. Sebenarnya dia tidak boleh ikut di sini, conflict of interest nih," ujar Otto dalam jumpa pers, Peradi Tower, Jakarta Timur, Senin (10/6/2024).

Diketahui, Rudiana berinisiatif melakukan penyelidikan atas kematian putranya dan Vina. Ini terjadi lantaran ia curiga dengan kematian Eky, yang Rudiana nilai tak seperti kecelakaan. Rudiana yang kala itu menjadi Kanit Reserse Narkoba, bersama anak buahnya akhirnya berhasil menangkap para pelaku pembunuhan disertai perkosaan itu. Usai berhasil mengamankan pelaku, Rudiana membawa mereka ke polsek setempat dan membuat laporan polisi.

Menurut Otto, karena ayah korban dan memang bukan bidangnya, seharusnya Rudiana tak mengusut kasus pembunuhan Vina dan Eky.

"Seharusnya yang menangani adalah polisi yang lain, unit yang lain. Ini pun unit dia unit narkoba sebenarnya, tapi menangani perkara ini. Jadi sebenarnya nggak tepat menurut saya," jelas Otto.

Keterlibatan Rudiana, kata Otto membuat hasil penyelidikan hingga penyidikan tak objektif. Sebab aksi Rudiana pastinya melibatkan hubungan emosional dengan putranya.

Halaman
x|close