Sah! PKB Jakarta Usung Anies Baswedan untuk Calon Gubernur dalam Pilkada 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Jun 2024, 15:53
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Anies Baswedan. (Antara) Anies Baswedan. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta telah resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur (cagub) dalam pemilu serentak 2024 mendatang. Anies menjadi satu-satunya nama yang didukung DPW PKB untuk DKI Jakarta. 

Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas mengatakan bahwa pihaknya telah menerima beberapa nama yang mendaftar untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024. Namun, PKB memutuskan untuk mengusung Anies dalam pilkada kali ini. 

"Dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, yaitu PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal yaitu untuk mencalonkan di 2024-2029 Pilkada DKI Jakarta," ujar Hasbiallah Ilyas dalam konferensi pers, Rabu,12 Juni 2024. 

Anies Baswedan. (Antara) Anies Baswedan. (Antara)

Hasbiallah mengatakan bahwa DPW PKB DKI Jakarta telah menerima sejumlah nama untuk mencalonkan diri dalam Pilkada DKI Jakarta. Mereka juga telah melalui tahap demi tahap dengan puncaknya dalam rapat kerja desk Pilkada DKI Jakarta untuk menentukan calon. 

"Puncaknya, yaitu acara puncak tanggal hari Sabtu 8-9 Juni itu, kami mengadakan Raker Desk Pilkada DKI Jakarta di Puncak untuk menentukan calon," kata dia. 

"Dari sekian yang ada, dari sekian banyak yang mencalonkan ke DPW PKB DKI Jakarta, alhamdulillah saya sebagai Ketua DPW PKB DKI Jakarta mendengar aspirasi dari tingkat ranting PAC, DPC, sampai tingkat DPW. Dan hasil verifikasi dari desk Pilkada DKI Jakarta memutuskan mengusung Anies Baswedan," paparnya0.

Hasbiallah Ilyas mengatakan bahwa Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk mencalonkan diri dalam Pilkada Gubernur DKI Jakarta pada periode 2024-2029. Karena itu, PKB juga belum mengusulkan nama yang akan mendampingi Anies Baswedan. 

Gedung PKB di Jakarta <b>(Google Maps)</b> Gedung PKB di Jakarta (Google Maps)

Untuk diketahui, Anies Baswedan juga bakal mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto yang memberikan sinyal positif untuk mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta. 

“Nanti ditimbang-timbang, Pak Anies itu seperti apa, popularitas pasti, elektabilitas seperti apa, tidak merepotkan ideologi kami, tidak, intinya itu,” katanya Utut saat ditanya keseriusan partainya mengusung nama Anies dalam Pilkada Jakarta. 

“Kalau menurut saya beliau pernah jadi Gubernur, sudah jadi capres, pasti beliau punya, kalau bahasanya Pak Luhut, paten, kalau bahasa saya beliau orang yang sangat sudahlah merah putihnya nggak diragukan,” tambahnya.

x|close