PM Israel Netanyahu Bubarkan Kabinet Perang, Ini Alasannya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Jun 2024, 10:36
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Benjamin Netanyahu Benjamin Netanyahu (Istimewa)

Ntvnews.id, Tel Aviv - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah membubarkan kabinet perang dalam pemerintahannya, yang terdiri dari enam pejabat senior dari Tel Aviv. Langkah ini terjadi setelah mantan jenderal militer Israel, Benny Gantz, mengundurkan diri dari kabinet perang minggu lalu. 

Dilansir dari Al Arabiya, Selasa, 18 Juni 2024, menyebutkan bahwa seorang pejabat Israel yang tidak ingin disebutkan namanya mengungkapkan rencana Netanyahu untuk mengadakan rapat konsultasi dengan sejumlah menteri guna membahas situasi perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Menteri Urusan Strategis Ron Dermer, yang termasuk dalam kabinet perang Israel, diharapkan akan menghadiri rapat tersebut bersama Netanyahu

  Benjamin Netanyahu <b>(The Arab News)</b> Benjamin Netanyahu (The Arab News)

Belakangan ini, Netanyahu menghadapi tekanan dari sekutu-sekutu nasionalis-religius dalam koalisinya, seperti Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, yang menuntut untuk dimasukkannya mereka ke dalam kabinet perang.

Baca Juga: Senator AS Berikan Dukungan Perintah Penangkapan PM Israel Benjamin Netanyahu

Langkah tersebut berpotensi meningkatkan gesekan antara Israel dengan sekutu-sekutu internasional, termasuk Amerika Serikat (AS). 

Halaman
x|close