550 Jemaah Haji Meninggal Dunia Akibat Cuaca Panas Ekstrem, Berasal dari Mesir hingga Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jun 2024, 11:36
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi (AFP)

Ntvnews.id, Arab SaudiSetidaknya 550 jamaah dikabarkan tewas selama ibadah haji tahun ini karena suhu terik yang mencapai di atas 50 derajat celcius. Haji adalah ziarah tahunan ke kota suci Mekkah di Arab Saudi dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Semua Muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah ini setidaknya sekali dalam hidup mereka. Namun, tahun ini, terjadi di tengah musim panas di Timur Tengah, layanan cuaca Saudi melaporkan suhu mencapai 51,8C di Masjid al-Haram pada hari Senin.

Gambar menunjukkan lautan manusia dengan payung berusaha melindungi diri dari panas ekstrem. Beberapa jamaah melaporkan melihat mayat tak bergerak di pinggir jalan, dan ada juga kekhawatiran mengenai orang hilang.

Menurut laporan AFP, Sekitar 1,8 juta jamaah haji tahun ini, 1,6 juta di antaranya berasal dari luar negeri, kata pihak berwenang Saudi. Para diplomat mengkonfirmasi jumlah korban di kamar mayat di Al-Muaisem, salah satu yang terbesar di Mekah, adalah 550 orang.

Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi <b>(AFP)</b> Jemaah Haji di Mekkah Arab Saudi (AFP)

Jumlah korban tewas kini jauh lebih tinggi dibandingkan laporan awal. Kebanyakan dari mereka yang meninggal berasal dari Mesir, dan pihak berwenang juga mengonfirmasi bahwa mereka sedang mencari warga Mesir yang hilang selama perjalanan.

Jamaah haji lainnya yang meninggal berasal dari Yordania, Indonesia, Iran, dan Senegal. Ada langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi tekanan panas selama haji seperti jalan dicat putih untuk memantulkan sinar matahari dan tenda di Arafah diberi AC.

Halaman
x|close