Ustaz Khalid Basalamah Tidak Menyarankan Berdoa Setelah Sholat Wajib: Ulama Mengatakan Tak Boleh

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Jun 2024, 12:35
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ustaz Khalid Basalamah (YouTube) Ustaz Khalid Basalamah (YouTube) (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Seluruh umat muslim di dunia wajib hukumnya menjalankan ibadah sholat lima waktu atau yang biasa disebut sholat fardhu. Sudah menjadi hal umum bagi umat Islam pada saat setelah sholat fardhu untuk memanjatkan doa dan dzikir kepada Allah SWT. 

Namun, rupanya berdoa secara khusus usai menjalankan sholat fardhu tidak disarankan. Pendakwah Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan bahwa dia tak pernah menemukan hadis yang mengatakan tentang keutamaan berdoa usai menjalankan sholat wajib tersebut. 

Dalam sebuah potongan video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @kasimengaji, Ustaz Khalid Basalamah mengatakan bahwa dirinya hanya menemukan pendapat dari para ulama tentang tidak adanya riwayat shahih yang mengatakan bahwa ada doa usai sholat fardhu. 

Ustaz Khalid Basalamah (YouTube Khalid Basalamah Official) <b>(YouTube Khalid Basalamah Official))</b> Ustaz Khalid Basalamah (YouTube Khalid Basalamah Official) (YouTube Khalid Basalamah Official))

"Makanya para ulama yang paham dengan sunnah tidak pernah ada yang mengamalkan secara khusus doa dihubungkan dengan salat 5 waktu. Beda dengan salat sunah dan tidak secara khusus. Tapi kalau secara khusus dipaketkan sama zikir setelah salat, maka itu ulama mengatakan tidak boleh karena tidak ada dalilnya," katanya. 

Selain itu, Khalid Basalamah juga mengungkapkan bahwa tidak pernah disebutkan Nabi Muhammad SAW berdoa secara khusus usai menjalankan ibadah sholat wajib. Bahkan, dalam banyak hadis Bukhari, Nabi Muhammad SAW langsung berdiri usai berdzikir. 

"Memang begitu sunnahnya langsung berdiri lalu beliau menunggu di depan gerbang pintu masjid, kalau ada sahabat yang punya keluhan atau punya hajat atau ingin konsultasi dengan beliau. Makanya tidak dianjurkan membaca doa secara khusus habis salat fardu," sambungnya.

Halaman
x|close