Mengenal Jayabaya, Sosok Legendaris Pengungkap Ramalan Indonesia

NTVNews - 5 Mei 2024, 09:45
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Jayabaya Jayabaya (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Ramalan Jayabaya telah menjadi sebuah prediksi klasik yang sering disebut ketika terjadi peristiwa penting di Indonesia. Ramalan ini diyakini dapat meramalkan masa depan negara.

Namun, Jayabaya bukanlah seorang peramal pada masa lalu, melainkan seorang raja dari Kerajaan Kediri yang makmur pada abad pertengahan.

Menurut buku "Menguak Rahasia Ramalan Jayabaya" (2012) karya D. Soesetro dan Zein al Arif, Jayabaya bergelar Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa atau dikenal sebagai Prabu Jayabaya.

Dia adalah Raja Panjalu atau Kediri yang memerintah sekitar tahun 1135 hingga 1157. Jayabaya dianggap sebagai seorang pemimpin bijak yang diibaratkan seperti Sang Hyang Wisnu yang menjaga kesejahteraan.

Kepemimpinannya yang bijaksana membawa masa keemasan bagi Kerajaan Kediri, didukung oleh para cendekia terkemuka seperti Empu Sedah, Panuluh, Darmaja, Triguna, dan Manoguna.

Di bawah kepemimpinan Prabu Jayabaya, Keraton Kediri mencapai puncak peradaban dengan menghasilkan karya sastra yang berkualitas tinggi, seperti kakawin Baratayuda, Gathutkacasraya, dan Hariwangsa.

Strategi Jayabaya dalam memakmurkan rakyatnya juga luar biasa. Pertanian dan perkebunan berlimpah, dan ekonomi berjalan lancar, menjadikan Kerajaan Kediri sebagai negara yang dikenal dengan gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja. 

Halaman
x|close